Keren, Tim Regu SDN 1 Koba Juara 1 Literasi Matematika Tingkat Provinsi Babel

Keren, Tim Regu SDN 1 Koba Juara 1 Literasi Matematika Tingkat Provinsi Babel

KOBA - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Koba kembali mengharumkan nama Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) di tingkat provinsi. Tiga siswa berbakatnya berhasil menjuarai Lomba literasi Matematika tingkat SD se-Bangka Belitung yang digelar oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung Tahun 2022.

Tiga murid berprestasi tersebut atas nama Bilqis Luthifiyah Ghazalah (12) Nadhira Az Zahra (12) dan Kahfiyah Luira Shefalli (11). Ketiganya sama-sama duduk dibangku kelas 6.

Untuk meraih posisi nomor 1, ketiganya diketahui harus mengalahkan 33 tim lainnya serta melakukan persiapan kurang lebih selama 2 minggu.

\"Awalnya kami mengikuti seleksi terlebih dahulu dari kelas 5 dan 6, lalu terpilih 4 orang, yang mana 1 orang lomba perorangan, tiga lainnya beregu dengan mengikuti bimbingan privat dari Bapak Sudrajat serta Ibu Sridewi Anggriani,\" ujar Ketua Tim, Bilqis kepada Babel Pos pada Jumat (4/3/2022) di Koba.

\"Setelah terpilih kami melakukan latihan bersama-sama dari jam 9 sampai dengan selesai, sekitar 2 jam. Bahkan untuk memantapkan persiapan, kami juga kembali belajar di rumah serta berdoa setiap hari agar menang,\" sambungnya.

Diakui Bilqis, sejak awal timnya memang sudah optimis menang. Uniknya, dibandingkan babak final, ia dan timnya sepakat babak semi final jauh lebih sulit.

\"Memang optimis menang, tapi tidak sampai terpikir akan Juara 1, perkiraan juara 2 atau 3,\" ujarnya sambil mengatakan bahwa Matematika adalah pelajaran yang tidak ia benci ataupun suka.

\"Namun kedua teman saya memang lumayan menggemari Matematika dan menurut kami babak yang paling susah adalah semi final,\" tambahnya.

Ia pun berujar keberhasilan ini mereka persembahkan untuk sekolah, orang tua dan semua pihak yang telah mendukung potensi mereka.

\"Tentunya dengan perlombaan ini, kami berharap semakin memahami Matematika dan bisa memotivasi teman lainnya,\" tuturnya.

Sementara itu, Kepala SD 1 Koba, Sumardi mengatakan pihaknya setiap tahun rutin menggali potensi anak didik lewat berbagai event perlombaan.

\"Kedepannya kami akan terus berusaha mengembangkan minat anak didik lewat berbagai event dan memang sudah kita seleksi sejak kelas tiga, agar sekolah serta murid SD 1 Koba semakin unggul,\" ucapnya.

Guru Pembimbing Lomba Literasi Matematika, Sri Dewi Anggraini mengaku bangga atas prestasi anak didiknya. Ia berpendapat anak-anak didik di sekolahnya memang memiliki jiwa kompetisi yang tinggi.

\"Bagi yang sudah berhasil juara, tetap semangat, terus berjuang dan jangan takut gagal demi masa depan kalian,\" imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: