KKN Unmuh Babel dan UMP Berikan Pelatihan Kelompok Tani dan Karang Taruna Desa Balok

KKN Unmuh Babel dan UMP Berikan Pelatihan Kelompok Tani dan Karang Taruna Desa Balok

TIM Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif Tahun 2022 yang terdiri dari 7 mahasiswa KKN Kedisinian Unmuh Babel dan 6 orang mahasiswa KKN Keindonesiaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Muhammad Eka Mardyansyah Simbolon, M.Pd. berkomitmen memberikan kontribusi kepada masyarakat di Desa Balok, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur selama melaksanakan tugas KKN dan pengabdian masyarakat terintegrasi.

Kegiatan ini merupakan program KKN Kedisinian Unmuh Babel 2022 yang diselenggarakan atas kerja sama LLPM Unmuh Babel, UM Purwokerto, dan Dinas Pertanian Belitung Timur, serta Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Dendang.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa, 22 Februari 2022 ini dihadiri oleh kelompok tani serta Karang Taruna Desa Balok.

Kegiatan ini diusung sebagai alternatif mengatasi limbah pertanian, mengingat mayoritas masyarakat Desa Balok bermata pencaharian sebagai petani.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini dibuka dengan pemaparan materi tentang bagaimana pengolahan limbah pertanian menjadi pupuk cair oleh perwakilan Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Dendang, Suwarno.

Kegiatan dilanjutkan dengan perakitan komposter dan praktek pembuatan pupuk cair yang didemonstrasikan secara langsung oleh mahasiswa KKN.

Demonstrasi tersebut diharapkan peserta dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana cara mengolah limbah pertanian menjadi pupuk cair dimana saja dan kapan saja.

Kegiatan ini sangat disambut antusias oleh masyarakat khususnya kelompok tani dan karang taruna. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat berguna bagi kelompok tani yang subsidi pupuknya kurang. Selain itu juga diadakannya kegiatan ini agar dapat meminimalisir limbah pertanian dan pemanfaatan limbah pertanian di desa balok ini menjadi lebih optimal serta berkelanjutan. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: