Pemantik Minat Baca Siswa, SMP Ini Punya Pojok Baca di Tiap Kelas Hingga Piala Bergilir

Pemantik Minat Baca Siswa, SMP Ini Punya Pojok Baca di Tiap Kelas Hingga Piala Bergilir

KOBA - Salah satu program literasi yang menarik minat siswa dalam membaca adalah program pojok baca di setiap kelas, dengan melibatkan peran serta siswa maupun wali kelas.

Program tersebut bahkan rutin dilakukan sejumlah sekolah di Indonesia, tak terkecuali SMP Negeri 1 Koba, yang turut melibatkan peran serta paguyuban dan orangtua/wali murid dalam meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi peserta didik.

Saat dikunjungi Babel Pos, pojok baca yang ada di setiap kelas di SMPN 1 Koba ini berada di pojok belakang ruangan kelas. Pojok baca tersebut ditata sedemikian rupa dan semenarik mungkin, sehingga para siswa nyaman saat membaca buku, selain itu terdapat rak buku, meja, karpet, koleksi buku dan hiasan lainnya.

\"Program pojok baca ini sudah kita laksanakan sekitar 5 tahun, bahkan kita lombakan, di mana terdapat piala bergilir setiap tahunnya dan tahun 2022 ini diikuti 22 kelas,\" ujar Kepala SMPN 1 Koba, Hana Meilani kepada Babel Pos, Kamis (24/3/2022) di Koba.

\"Jadi ada 22 kelas, berarti terdapat 22 paguyuban yang dikelola orang tua masing-masing siswa, dengan caranya sendiri ikut terlibat di dalam pengelolaan pojok baca kelas,\" sambungnya.

Dikatakan Hana, tujuan dari pojok baca ini adalah untuk meningkatkan minat baca peserta didik dan diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian orangtua siswa terhadap perkembangan literasi anak di sekolah.

\"Kami menyampaikan kepada wali kelas dan siswa untuk mengajak orangtua murid dalam paguyuban untuk mengelola pojok baca kelas, dengan harapan tumbuh kepedulian orang tua siswa terhadap perkembangan anak-anaknya di sekolah,\" imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: