Selain itu, BRI berharap UMKM yang berpartisipasi dalam Expo(RT) ini akan mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang cara menembus pasar internasional.
Serta akses yang lebih luas untuk memasarkan produk-produk unggulan Indonesia.
BRI UMKM Expo(RT) 2025 tidak hanya akan menjadi sarana bagi pelaku UMKM untuk memperluas jaringan bisnis mereka.
Tetapi juga menjadi simbol keseriusan BRI dalam mengembangkan sektor UMKM agar semakin berdaya saing, khususnya di tingkat global.
Dengan dukungan ini, BRI terus menunjukkan perannya sebagai bank yang berpihak pada UMKM, menguatkan ekonomi lokal, dan mendorong ekspansi produk Indonesia di pasar dunia.
Untuk mengikuti BRI UMKM Expo(RT) 2025, pelaku UMKM di Indonesia perlu memenuhi beberapa persyaratan agar dapat memaksimalkan manfaat dari acara ini.
BACA JUGA:Kemudahan BRImo, Bisa Buka Rekening Valas Hingga 12 Mata Uang, Transaksi Internasional Lebih Gampang
Berikut adalah persyaratan umum yang biasanya diberlakukan oleh BRI untuk UMKM yang ingin berpartisipasi :
Status Legalitas Usaha
UMKM yang mendaftar harus memiliki status usaha yang sah dan resmi, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), izin usaha, atau dokumen legal lainnya.
Telah terdaftar di dinas terkait atau lembaga pemerintah yang mengelola sektor UMKM.
Kriteria Usaha dan Produk
Produk Lokal Berkualitas
Produk yang dipamerkan harus merupakan produk lokal yang memiliki nilai tambah dan kualitas yang layak bersaing di pasar internasional.
Sektor Usaha Prioritas
BRI biasanya memprioritaskan UMKM yang bergerak di sektor-sektor unggulan seperti makanan dan minuman, kerajinan tangan, fesyen, dan produk berbasis budaya atau tradisi lokal.
Siap Ekspor
UMKM yang memiliki kapasitas atau potensi untuk ekspor akan diprioritaskan, terutama yang telah memenuhi standar produk ekspor (misalnya, sertifikasi halal, BPOM untuk produk makanan, dll).
Komitmen Digitalisasi
Peserta diharapkan memiliki kemauan untuk mengadopsi teknologi digital, termasuk kesiapan untuk memasarkan produk melalui platform digital.
Memiliki minimal satu akun media sosial atau e-commerce yang aktif untuk mempromosikan produk.