Pj Bupati Haris Apresiasi Peran Masyarakat Penuhi Kebutuhan Darah

Selasa 15-10-2024,14:43 WIB
Reporter : Dee
Editor : Govin

BABELPOS.ID, - Penjabat Bupati Bangka, M Haris berpendapat keterlibatan masyarakat membantu Palang Merah Indonesia (PMI) memenuhi kebutuhan daerah cukup besar karena tingginya permintaan daerah setiap bulan.

BACA JUGA:Hari Pertama OZM 2024, Kompol Suhartono : Secara Umum Kamseltibcarlantas Aman Dan Kondusif

Hal itu diungkap M Haris saat membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Kabupaten Bangka tahun 2024, Selasa (15/10).

Ia menyebut, peran masyarakat dalam kegiatan sosial berdampak besar terhadap penyelamatan nyawa seseorang yang saat ini membutuhkan darah.

BACA JUGA:Hari Pertama OZM 2024, Kompol Suhartono : Secara Umum Kamseltibcarlantas Aman Dan Kondusif

"Donor darah secara rutin tidak hanya menyelamatkan nyawa orang lain, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan bagi pendonor," katanya.

M Haris menyarankan PMI Bangka supaya turun langsung kelapangan membuka layanan donor darah karena dimaklumi tidak semua masyarakat bisa datang ke markas PMI untuk mendonorkan darah karena mungkin alasan kesibukan kerja dan jarak jangkau.

BACA JUGA:Melaju Kencang, Pebalap Astra Honda Cetak Poin di JuniorGP Aragon 2024

"Saya yakin, dengan waktu yang terjadwal turun kelapangan, kebutuhan stok darah dapat terpenuhi, disaat itu pula menjadi momentum untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat yang selama ini belum mengetahui manfaat donor darah," kata Haris.

BACA JUGA:Indonesia Sudah 3 Kali Kalahkan China, Berikut Datanya

Sekretaris PMI Kabupaten Bangka, Tego  mengatakan, distribusi darah untuk masyarakat atau pasien rata-rata 400 sampai 500 kantong per bulan.

BACA JUGA:Bateng Perkuat Peran Penyuluh KB untuk Tekan Stunting

"Jumlah kebutuhan darah sebanyak itu diperoleh dari relawan dan masyarakat baik yang langsung datang ke markas PMI atau saat kegiatan donor darah masal," kata Tego. 

 

 

Kategori :