Tidak Semua Laut Punya Timah, Askandi: Timah di Laut Beriga Anugerah dari Tuhan

Jumat 11-10-2024,17:22 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG -- Perairan Beriga di Desa Beriga Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah mengandung sumber daya alam timah yang tidak dimiliki semua wilayah. 

BACA JUGA:Istri Dirut RBT Tutupi Peran Adam Marcos dan Peter Cianata Dalam Pembelian Timah Ilegal

Sebagaimana diketahui, laut Beriga juga merupakan wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah, perusahaan pertambangan timah yang merepresentasikan negara. 

 

Askandi salah satu warga Beriga, mengatakan timah yang berada di Perairan Beriga merupakan salah satu anugerah Tuhan yang harus dikelola dengan baik.

Namun, sayangnya hingga saat ini belum ditambang oleh PT Timah. 

BACA JUGA:Kemenkumham Raih Penghargaan Anugerah Media Humas 2024

"Tujuan kami panitia di Beriga ingin mencari penghasilan yang pasti dan tepat. Kita denger di Desa kita ada IUP, kenapa kita enggak dukung, mudah-mudahan dengan adanya IUP ini ada hikmah untuk kita, Anugerah dari yang Maha Kuasa, Kenapa ada harta karun di Desa kita, enggak kita manfaatkan," kata Askandi. 

 

Menurutnya, banyak daerah pesisir di Bangka Belitung yang juga tidak memiliki timah. Namun, akan sangat disayangkan bila yang memiliki potensi timah tidak dimanfaatkan dengan baik. 

BACA JUGA:Pj Ketua TP PKK Pangkalpinang Dorong Generasi Kreatif dan Wirausaha Cilik

"Saya berpikir banyak daerah pesisir pantai enggak jadi perbincanagn seperti desa kita, enggak semua laut ada timah, sementara di desa kita ada timah ada IUP.

Saya selaku pribadi itu anugerah, artinya ada potensi kenapa kita harus tidur, sedangkan kondisi ekonomi enggak baik-baik saja," ucapnya. 

 

Meski kata dia sebelumnya, mereka sempat ada keraguan terkait kelengkapan perizinan yang dimiliki PT Timah untuk melakukan penambangan.

Kategori :