BNPT Youth of Festival 2024: Menguatkan Semangat Nasionalisme Pemuda Gorontalo

Kamis 12-09-2024,11:05 WIB
Reporter : Lia
Editor : Jal

BABELPOS.ID, GORONTALO – Roemah Marly Café menjadi tuan rumah acara Youth of Festival 2024, yang mengangkat tema besar tentang pemuda dan nasionalisme. Acara ini diikuti oleh 100 peserta, baik dari kalangan pemuda maupun masyarakat umum.

Dalam rangkaian kegiatan ini, hadir sejumlah narasumber yang memberikan pandangannya mengenai peran penting generasi muda dalam menjaga persatuan bangsa dan memajukan daerah Gorontalo, Kamis (12/24).

Dalam sambutannya, Syaiful Rachman, Ak, Koordinator Keuangan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), menekankan pentingnya nasionalisme di kalangan pemuda.

“Pemuda merupakan ujung tombak bangsa dalam menjaga persatuan dan keutuhan negara. Semangat nasionalisme harus tertanam kuat di dada setiap generasi muda, tidak hanya dalam bentuk simbol-simbol, tetapi juga dalam tindakan nyata membangun bangsa,” ujarnya.

BACA JUGA:BNPT Youth Of Indonesia Hadir di Banda Aceh

BACA JUGA:Buka Kenduri BNPT di Karya Makmur, Pj Bupati Bangka Ingatkan Tetap Waspada Radikal Terorisme

Syaiful juga mengajak para peserta untuk selalu kritis dalam menghadapi tantangan zaman, namun tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kebangsaan.

"Nasionalisme yang kuat adalah benteng kita dari segala bentuk ancaman, baik dari dalam maupun luar. Oleh karena itu, pemuda harus menjadi penjaga utama semangat kebangsaan ini," tambahnya.

Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Gorontalo, Prof. Karmila Machmud, Ph.d., dalam sambutannya, lebih menyoroti peran penting pemuda dalam memajukan daerah.

“Gorontalo memiliki potensi besar, dan pemuda adalah motor penggeraknya. Dengan kreativitas, semangat, dan dedikasi, kita berharap pemuda Gorontalo bisa menjadi garda depan dalam memajukan daerah ini,” jelasnya.

BACA JUGA:Ini Upaya BNPT Perkuat Public Resilience di Lingkungan Kampus dari Paham Radikalisme Terorisme

BACA JUGA:Ke Unisnu Jepara, BNPT Bawa Semangat Kolaborasi Lintas Generasi

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pemuda dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan daerah.

“Kita butuh pemuda yang tidak hanya memiliki wawasan luas, tetapi juga berani bermimpi besar untuk masa depan Gorontalo. Kami percaya, melalui acara seperti Youth of Festival ini, bibit-bibit pemimpin masa depan Gorontalo akan lahir,” ungkapnya.

Acara Youth of Festival 2024 juga diramaikan oleh berbagai lomba yang diikuti oleh 12 peserta, terdiri dari grup dan individu yang berasal dari pelajar SMA/SMK Sederajat. Lomba ini bertujuan untuk menggali potensi, bakat, dan kreativitas pemuda Gorontalo dalam berbagai bidang. Di akhir acara, tiga peserta terbaik terpilih dan akan melaju ke tingkat nasional, mewakili FKPT Gorontalo dengan membuat 1 karya bersama.

Kategori :