PT Timah Dukung Tim P2MI Teknik Geologi ITB Lakukan Penelitian Tentang Geowisata

Jumat 06-09-2024,17:45 WIB
Reporter : Agus
Editor : Govin

//Optimalkan Potensi Geowisata di Bangka Belitung

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG -- Untuk menggeliatkan potensi geo-wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, PT Timah mendukung Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Inovasi (P2MI) Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Rangkaian kegiatan P2MI Teknologi ITB dibuka dengan focus grup discussion (FGD) Menggali Potensi Geowisata Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan di Graha PT Timah, Kamis (5/9/2024).

BACA JUGA:Donor Darah, Program Rutin PT Timah dan PMI dalam Kegiatan Kemanusiaan

FGD ini turut dihadiri oleh Direktur Operasi dan Produksi PT Timah, Nur Adi Kuncoro, Kaprodi Program Master dan Doktor Teknik Geologi ITB, Dr. Eng Mirzam Abdurrachman, S.T., M.T, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung Ervawi, penggiat wisata, Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, Yuliarsyah, Pengda IAGI Babel, penggiat wisata dan pelaku usaha.

Selama empat hari kedepan, sebanyak 23 dosen ITB dari berbagai kelompok keilmuan akan memberikan informasi lebih pada sektor geowisata di Pulau Bangka.

Sehingga bisa meningkatkan daya tarik geowisata.

BACA JUGA:Dukung Program Pembelajaran Inovatif Siswa, PT Timah Terima Kenalkan Proses Pengolahan dan Peleburan Timah ke

Pulau Bangka memiliki potensi besar dalam geowisata karena memiliki beragam batuan-batuan yang dipadukan dengan keunikan ataupun keindahan pantai.

Selain itu, Bangka merupakan alas dari Sumatera dan merupakan jalur timah.

Ia mencontohkan, ada bebatuan di Pantai Tikus Emas, ada batu satam di Pulau Belitung, Batu Belimbing di Toboali dan sejumlah destinasi wisata lainnya yang memiliki informasi geologi yang harus disampaikan ke masyarakat maupun wisatawan.

BACA JUGA:Ratusan Warga Bedengung Geruduk Kantor Bupati, Mereka Tuntut Ini ke Pemkab Basel

Kaprodi Program Master dan Doktor Teknik Geologi ITB, Dr. Eng Mirzam Abdurrachman, S.T., M.T menyampaikan dengan melakukan penelitian di Bangka bisa memberikan informasi lebih bagi potensi wisata dari sisi geologi.

Sehingga nantinya wisatawan bisa mendapatkan informasi lebih dan tertarik untuk datang lagi.

"Kita membawa 23 dosen dengan berbagai keilmuan yang diharapkan dapat melengkapi dan menceritakan kembali serta menyampaikan informasi geologi dalam bahasa sederhana.

Kategori :