Raih Predikat Informatif, Osykar: Bawaslu Babel Akan Semakin Transparan

Kamis 05-09-2024,20:41 WIB
Reporter : Abot
Editor : Govin

BABELPOS.ID, - Selama enam tahun terakhir, Badan Pengawas Pemilu Bangka Belitung berhasil meraih predikat 'Informatif'.

Predikat ini diberikan dalam anugerah Keterbukaan Informasi Publik Bawaslu tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Republik Indonesia.

Selain Bawaslu Babel, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah juga termasuk dalam 15 besar Bawaslu Kabupaten / Kota Se-Indonesia yang meraih penghargaan Informatif. 

BACA JUGA:PPS Alobi di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang PT Timah Rehabilitasi Puluhan Buaya

Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar dan Kepala Sekretariat Bawaslu Babel menerima secara langsung piagam penghargaan Keterbukaan Informasi Publik yang diserahkan oleh Puadi selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi di Tangerang, Kamis (5/9/2024).

"Penghargaan ini juga kontribusi yang besar dari Sekretariat dan juga jajaran Bawaslu Kabupaten / Kota.

Kami sangat berterima kasih karena masih dipercayakan untuk menyandang predikat informatif sampai detik ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Autopsi Jenazah Anak Korban Penganiayaan di Toboali Selesai, Begini Hasilnya

Menurut dia, dengan predikat ini akan membuat mereka semakin bersemangat mengedukasi masyarakat terkait pengawasan Pemilu maupun Pemilihan, terkhusus di wilayah Bangka Belitung. Pemanfaatan informasi yang efektif dapat meningkatkan literasi politik di kalangan masyarakat.

Dengan akses yang lebih baik terhadap data dan berita yang akurat, masyarakat dapat lebih memahami proses politik, kebijakan publik, dan hak-hak mereka sebagai warga negara. 

"Ini mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam forum publik, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengevaluasi kebijakan dan akuntabilitas pemerintah.

Edukasi politik yang berbasis informasi yang jelas dan terpercaya diharapkan dapat memperkuat demokrasi dan keterlibatan masyarakat dalam proses politik," urainya.

BACA JUGA:Sebuah Rumah Warga di Sripemandang Porak-poranda Dilahap Api

Bawaslu Babel sendiri telah mengikuti tahapan monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI mulai dari tahapan Sosialisasi, Pengisian SAQ, Masa Sanggah, Wawancara hingga Penganugerahan. 

"Komitmen dalam Keterbukaan Informasi Publik akan selalu kami jaga, terutama dalam menyajikan data yang akurat dan up to date.

Kategori :