BPS Babel Sudah Siapkan Data Makro Dukung Rencana Pengembangan Pariwisata Berkualitas dan Ekonomi Biru

Selasa 03-09-2024,20:06 WIB
Reporter : Yulia
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG -  Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bangka Belitung, Toto Haryanto Silitonga menilai bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki peluang untuk menseriusi rencana pembangunan pariwisata berkualitas( tourism quality) dan ekonomi biru yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Tourism quality dan ekonomi biru juga menjadi fokus isue pembangunan nasional khususnya di wilayah kawasan barat Indonesia.

 Toto Haryanto yang ditemui Babel Pos usai menggelar Rilis Berita Statistik Badan Pusat Statistik Provinsi Bangka Belitung 2 September 2024.

Ia menjelaskan bahwa arah RPJPN 2025-2045 yakni mengandung substansi 5 sasaran, 17 arah pembangunan, dan 45 indikator yang mencakup 20 upaya super prioritas untuk tahapan 2025-2029. 

BACA JUGA:Dukung Program CSR Perekonomian Nelayan Lewat, PT Timah Bantu Alat Tangkap Hingga Jaminan Sosial untuk Nelayan

Sehingga di dalam RPJPD Babel 2025 – 2045 yang juga mengarahkan untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan termasuk melalui pembangunan pariwisata berkualitas dan ekonomi biru.

Memang  di dalam hal salah satunya Badan Pusat Statistik (BPS) juga ikut dalam menyediakan data dari sisi potensi pengembangan ekonomi biru, pariwisata, perikanan, dan kelautan.

Dijelaskan Toto, bahwa artinya untuk persiapan data itu memang sudah ada, namun yang tak kalah penting adalah bukan hanya menyiapkan data, tetapi apakah program yang dibuat tersebut mampu mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam RPJPN maupun RPJPD.

BACA JUGA:Museum Timah Indonesia Pangkalpinang dan Mentok, Wujud Komitmen PT Timah dalam Mendukung Edukasi Sejarah

“Kami dari BPS bisa menyiapkan data-data yang sifatnya adalah makro, kemudian untuk secara program silahkan satuan kerja atau OPD terkait untuk membuat program RPJPD tersebut dapat berjalan dengan baik, dari sisi anggaran, maupun kegiatan-kegiatan dalam bentuk program yang dapat saling mendukung.

Sekali secara data sudah ada, namun  meskipun tidak semuanya, karena harus ada pendekatan, termasuk dari satker-satker terkait,” ujar Toto.

Tags : #bps babel
Kategori :