Baru Satu Pasangan yang Mendaftar, KPU Basel Perpanjang Masa Pendaftaran Cakada 3 Hari

Jumat 30-08-2024,12:02 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID, TOBOALI - Sejak dibukanya masa pendaftaran Calon Kepala Daerah (Cakada) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada 27 - 29 Agustus 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel baru menerima 1 pasangan Cakada yakni Riza-Debby. Karena itu KPU memutuskan memperpanjang masa pendaftaran Pilkada Basel. 

Hal ini disampaikan dalam press conference pada Jum'at dinihari (30/08) pukul 00.00 Wib di kantor KPU Basel yang dipimpin langsung oleh ketua KPU Muhidin beserta komisioner lainnya.

"Hingga dibukanya masa pendaftaran Cakada di Basel, sampai masa penutupan pukul 23.59 Wib ternyata baru ada satu Paslon yang mendaftar," ucap Muhidin, Jumat (30/8).

BACA JUGA:Daftar ke KPU, Pasangan Bersanding Ingin Berobat Gratis Terus Berlanjut

BACA JUGA:Babel Beramal, Erzaldi-Yuri Ajak Berdemokrasi dengan Beradab

Perpanjangan masa pendaftaran ini merujuk pada PKPU Nomor 10 Tahun 2024 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Keputusan ini juga berdasarkan peraturan KPU Kabupaten Basel Nomor 286 Tahun 2024 tentang penetapan penundaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan.

"Maka dengan ini KPU Basel melakukan perpanjangan pendaftaran Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Basel dalam pemilihan serentak tahun 2024," ujarnya. 

BACA JUGA:Erzaldi-Yuri Ingin

BACA JUGA:Daftar Pilkada Babar, Pasangan Markus-Yus Derahman Merahkan KPU

Dikatakan Muhidin, masa perpanjangan pendaftaran ini hanya tiga hari yakni dimulai 30 Agustus - 01 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Dengan adanya masa perpanjangan ini jadwal pemeriksaan kesehatan juga berubah, yang semula pada tanggal 27 Agustus - 02 September 2024, kini berubah pada 03 September - 04 September 2024. Pihaknya saat ini sedang menunggu konfirmasi dari pihak RSPAD.

Diketahui, saat ini baru pasangan petahana Riza - Debby yang sudah melakukan pendaftaran pada 28 Agustus di KPU Kabupaten Basel.

Pasangan Riza - Debby didukung koalisi gemuk 11 Parpol, PDIP, Nasdem, Golkar, PKB, PBB, Gerindra, PAN, PKS, PPP, Perindo serta Demokrat.

BACA JUGA:Gandeng Ali Reza, Burhanudin Daftar ke KPU Belitung Timur

Kategori :