Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Mengolah Siput Gonggong Menjadi Frozen Food di Kelurahan Mantung

Kamis 29-08-2024,11:43 WIB
Reporter : Septi/rel
Editor : Govin

BACA JUGA:Catat! Ini Manfaat Makan Buah Untuk Penderita Diabetes

Produk Siput gong-gong frozen food yang dikembangkan oleh mahasiswa KKN Kedisinian Unmuh Babel ini merupakan suatu inovasi baru di Kelurahan Mantung.

Produk siput gong-gong frozen food ini kualitasnya lebih baik dibandingkan siput gong-gong yang dijual langsung karena tidak terdapat siput yang berkualitas buruk yang menyebabkan produk cepat membusuk, dapat dijual secara luas, produk lebih tahan lama, lebih praktis karena sudah dibersihkan dan harga lebih terjangkau daripada olahan siput gong-gong lainnya.

Olahan frozen food ini juga dijual secara online dan bisa dibeli lewat website : https://umkmmantung.wordpress.com.

Melalui inovasi tersebut mahasiswa KKN Unmuh Babel mengadakan sosialisasi kepada Ibu-ibu KWT guna untuk memberikan beberapa pelatihan cara mengolah siput gong-gong menjadi olahan frozen food.

BACA JUGA:Luncurkan Program GESIT, Cara PT Timah Ajak Karyawan Hidup Sehat Agar Bisa Tingkatkan Produktivitas

Selain pelatihan dan pendampingan, Mahasiswa KKN Unmuh juga berperan aktif dalam memberikan fasilitas untuk para pelaku UMKM, seperti menyediakan tempat lapak untuk menjual produk yang didesain secara langsung oleh mahasiswa Teknik Sipil, menyediakan alat vacum. Kolaborasi antara kelurahan, mahasiswa KKN, dan pelaku UMKM ini menjadi kunci keberhasilan dalam memperluas jangkauan pasar UMKM di Mantung.

Dengan semakin berkembangnya UMKM di Kelurahan Mantung, dampak positif juga dirasakan oleh masyarakat setempat, terutama dalam menciptakan lapangan kerja baru.

Pak ande Saputra, S.I.P. selaku lurah mantung memberikan apresiasi dan dukungan yang penuh dan berharap lapak untuk penjualan produk UMKM yang didesain dan dibuat oleh mahasiswa dapat dijalankan dengan baik secara berkelanjutan oleh Kelompok Wanita Tani di kelurahan mantung. 

BACA JUGA:Ini Temuan Ombudsman Babel Soal Kepatuhan Pelayanan Publik di Babel

BACA JUGA:Catat! Ini Manfaat Makan Buah Untuk Penderita Diabetes

BACA JUGA:Lihat Bagusnya Karya WBP, Menkumham Upayakan Cari Pasar

Kategori :