Wow, Ada Penyu Raksasa Terdampar di Jembatan Emas, Kondisinya Bikin Sedih

Jumat 23-08-2024,11:26 WIB
Reporter : Yudi
Editor : Jal

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Masyarakat sekitar jembatan Emas Pangkalpinang heboh dengan temuan seekor Penyu besar terdampar di dekat perairan pantai, Kamis (22/8/2024).

Manager PPS Alobi Foundation Bangka Belitung, Endi R Yusuf mengatakan, Penyu berukuran raksasa itu berbobot 50 kilogram. Penyu ditemukan warga terdampar di dekat jembatan Emas dan melaporkannya ke mereka. 

"Awalnya kami dapat informasi dari warga menemukan Penyu di dekat muara Jembatan EMAS, bobot penyu ini mencapai 50 kilogram, "kata Endi, kepada sejumlah wartawan, Jumat (23/8/2024).

BACA JUGA:Korban Terkaman Buaya di Sungai Menduk Ditemukan, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Pencari ikan Hilang di Sungai Menduk, Diduga Diterkam Buaya

Penyu tersebut ditemukan dalam kondisi lemah dan terdapat luka di bagian kepala. Penyu diduga kesulitan untuk kembali ke tengah laut.

"Saat dievakuasi penyu tampak lemas, karena ada luka di bagian kepalanya." jelasnya.

Tim Alobi kemudian mendorong tubuh penyu hingga ketepian karena bobotnya sekitar 50 kilogram.

Setelah dievakuasi, hewan berjenis penyu hijau yang dilindungi itu, kemudian mendapatkan perawatan medis dari dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatannya.

"Penyu ini rencananya akan dilepasliarkan jika kondisinya sudah membaik dan dinyatakan layak kembali ke habitatnya," jelasnya.


Penyu raksasa yang terdampar di jembatan Emas. --Foto: Yudi

BACA JUGA:Pemancing di Delas Ini Colok Mata Buaya untuk Selamatkan Temannya yang Diterkam, Begini Akhirnya

BACA JUGA:Jasad Korban Terkaman Buaya Sungai Bukit Layang Ditemukan 1,5 Km dari Lokasi Kejadian

"Kita mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak melakukan tindakan yang dapat membahayakan satwa liar dan segera melaporkan jika menemukan hewan terdampar," himbaunya.

Sementara itu, Yayan dokter hewan menduga penyu tersebut sengaja dipukul saat tersangkut jaring tangkap ikan, hingga mengalami luka yang cukup serius di bagian kepala.

Kategori :