Segini Honor yang Diterima Paskibraka Basel

Senin 19-08-2024,20:02 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID, TOBOALI - Suksesnya pelaksanaan upacara memperingati HUT ke 79 Republik Indonesia (RI) tak terlepas dari jajaran kepelatihan maupun Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) turut menggelontorkan anggaran hingga ratusan juta yang dimulai dari perekrutan hingga masa karantina maupun honor bagi anggota Paskibraka.

Kepala Kesbangpol Basel Evie Sastra menyampaikan, pihaknya menggelontorkan anggaran yang dimulai dari perekrutan hingga selesainya tugas para paskibraka yakni sebesar Rp.427.000.000,00.

"Kita menggelontorkan anggaran sekitar Rp. 427.000.000 untuk paskibraka," sebutnya, Senin (19/08).

BACA JUGA:Panggung Penghormatan Pindah Lokasi, Berikut Penjelasan Kesbangpol Basel

BACA JUGA:Tiga Hari Pawai HUT RI di Basel, Ini Jadwal dan Rutenya

Dikatakannya, bahwa anggaran tersebut bisa dikatakan belum ideal, tetapi pihaknya berusaha bagaimana memaksimalkan anggaran yang sangat terbatas ini.

Anggaran ini pun dipakai dimulai dari tahap perekrutan atau tahap seleksi calon Paskibraka, makan minum, selama masa karantina, para pengasuh di asrama, honor kepelatihan maupun honor anggota paskibraka sendiri.

"Kendati anggaran ini minim tetapi kita tetap memaksimalkan penggunaannya," ucap Evie.

Evie Sastra juga menyebutkan, untuk anggota Paskibraka pembayaran honor mereka dihitung perhari yakni Rp.100.000 per orang yang berjumlah 30 anggota. Mereka telah menjalani masa karantina sampai penugasan selama 16 hari dengan total yang dibayarkan per orang yakni Rp. 1.600.000.

Sedangkan untuk jajaran kepelatihan terdapat tiga orang, pengasuh asrama ada 10 orang, serta tim medis 3 orang. Untuk  mereka honornya berbeda dari anggota paskibraka, karena mereka bekerja mulai dari tahap penyeleksian awal di Januari 2024.

"Untuk anggota Paskibraka kita bayarkan perhari Rp.100.000 per orang selama masa 16 hari di karantina hingga penugasan pada 17 Agustus kemarin, sedangkan di jajaran kepelatihan, pengasuh asrama dan tim medis berbeda," sebutnya.

BACA JUGA:Paripurna DPRD Mendengarkan Pidato Presiden, Erwin Asmadi Sampaikan Hal Ini

BACA JUGA:Pengibaran Bendera Merah Putih HUT ke 79 RI, Wabup Debby Ucapkan Ini

Diakui Evi Sastra, keterbatasan anggaran ini juga berpengaruh dengan malam resepsi yakni malam setelah penugasan para anggota paskibraka. Pihaknya tidak bisa melaksanakannya. Namun akan menggabungkan malam ramah tamah tersebut pada 31 Agustus atau malam puncak.

Kategori :