3 Ribu Bibit Bakau Ditanam di Teluk Rubiah

Rabu 24-07-2024,12:09 WIB
Reporter : Husni
Editor : Govin

BABELPOS.ID, MENTOK - Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka Barat melakukan penanaman sebanyak 3.000 bibit bakau di pesisir Kampung Iklim Teluk Rubiah, Kecamatan Mentok, Selasa (22/7).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Barat Muhammad Soleh mengatakan penanaman bibit bakau bersama para pelajar, nelayan, dan masyarakat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel) yang diinisiasi Penjabat (Pj) Gubernur Babel.

BACA JUGA:Calon Paskibra Kota Pangkalpinang Masuk Diklat, Ini Pesan Pj Wako

BACA JUGA:Lutut Kamu Kaku Saat Bangun Tidur, Waspada Gejala Ini

Secara keseluruhan, kata dia, dalam gerakan bersama ini pemkab telah menyiapkan sebanyak 23.000 bibit magrove yang akan ditanam di beberapa lokasi di Kecamatan Mentok dan Parittiga.

Menurut dia, kegiatan seperti ini penting dilaksanakan untuk menjaga kelestarian pesisir, sekaligus mencegah abrasi.

BACA JUGA:Lantik Dewan Hakim MTQH XXXII, Sekda Mie Go Ingatkan Ini

BACA JUGA:BNPT Youth Of Indonesia Hadir di Banda Aceh

"Saat ini wilayah pesisir kita banyak terjadi penyusutan. Dengan adanya upaya pelestarian lingkungan ini kita harap ke depan akan mampu menyelamatkan kawasan ini. Kami juga mengajak warga untuk dapat menjaga lingkungan dengan menanam pohon," katanya.

Ia mengatakan pohon yang telah ditanam pada gerakan bersama ini nantinya akan dirawat oleh para warga nelayan setempat supaya tetap tumbuh.

Keterlibatan para nelayan dan warga sekitar perlu terus dilakukan untuk melanjutkan penanaman, menjaga, dan merawat, agar bibit yang ditanam bisa tumbuh.

BACA JUGA:BNPT Youth Of Indonesia Hadir di Banda Aceh

BACA JUGA:Hari Anak Nasional 2024, 11 Anak Binaan LPKA Pangkalpinang Akan Dapat Remisi

"Kawasan ini merupakan salah satu objek wisata. Jika pohon ini rimbun dan bagus, otomatis akan mendatangkan wisatawan dan memberikan kesejahteraan bagi warga setempat," katanya.

Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan Gerakan Semarak Babel ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian pemkab dan instansi vertikal lainnya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Kategori :

Terkait