Ini Kunci Sukses Spanyol Rebut Juara Eropa

Senin 15-07-2024,09:22 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID - Pelatih Spanyol Luis de la Fuente mengungkap kunci sukses Spanyol menjuarai Euro 2024. Mantan pelatih junior Spanyol ini menyebut sikap para pemain yang selalu mempercayai dia dan keputusan-keputusannya menjadi penting dalam perjalanan Tim Matador di sepanjang Euro 2024 Jerman.

Untuk itu pula dia berterima kasih kepada para pemainnya karena berhasil menjuarai Piala Eropa untuk keempat kalinya yang merupakan rekor di Eropa.

De la Fuente menggantikan Luis Enrique setelah Spanyol tersingkir pada 16 besar Piala Dunia 2022.

BACA JUGA:Campeona Spanyol

BACA JUGA:Final Euro Nanti Malam, Fuente Klaim Spanyol Lebih Baik dari Inggris

Awalnya banyak yang meragukan apakah pelatih berusia 63 tahun itu memiliki pengalaman atau kualitas dalam membawa La Roja mengakhiri paceklik trofi selama satu dekade.

Setelah kekalahan memalukan dalam kualifikasi Euro 2024 dari Skotlandia pada Maret 2023 dalam pertandingan keduanya sebagai pelatih, media Spanyol menyatakan pelatih yang pernah menangani tim muda Spanyol itu bahkan mungkin sudah berada di ambang dipemec.

Namun sejak itu Spanyol pulih seketika untuk tidak pernah kalah dalam pertandingan kompetitif.

Mereka mengalahkan juara bertahan Italia, tuan rumah Jerman, dan salah satu favorit juara Prancis dalam perjalanan ke final Euro 2024, di mana mereka membungkam Inggris 2-1.

BACA JUGA:Final Euro Nanti Malam, Ini Kata Pelatih Inggris Tentang Spanyol

BACA JUGA:Striker Inggris Ini Waspadai Sayap Spanyol

"Saya yakin pemain-pemain saya percaya kepada saya... selama satu setengah tahun mereka tak pernah salah," kata De la Fuente kepada wartawan seperti dikutip AFP pada Senin (15/7).

“Satu-satunya hal yang saya khawatirkan adalah apakah para pemain percaya kepada saya dan yakin dengan apa yang kami katakan."

“Kini yang kami dapatkan adalah kebahagiaan tak terhingga, kebanggaan, dan menikmati momen ini – tak ada yang menghadiahkan kami apa pun secara gratis."

BACA JUGA:Pemain Ini Komputer Spanyol Lawan Inggris di Final Euro

Kategori :