Karena Ini, Basel Raih Nilai Terbaik Penanganan Stunting di Babel

Minggu 23-06-2024,19:40 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) kembali meraih penghargaan dalam penanganan Stunting terbaik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Penghargaan ini didapatkan setelah selama 3 hari yakni terhitung tanggal 19 - 21 Juni Pemprov Babel melakukan penilaian penanganan Stunting di Kabupaten Basel.

Kepala Bappelitbangda Ir. Herman mengatakan pada proses penilaian tersebut, seluruh kabupaten/kota diberikan kesempatan untuk memaparkan permasalahan, strategi dan inovasi penanganan serta hasil yang dicapai terkait kinerja stunting.

"Alhamdulillah berdasarkan informasi pengumuman dari tim penilai, Kabupaten Basel mendapatkan predikat nilai tertinggi, disusul oleh Kabupaten Bangka dan Belitung Timur," ucapnya, Minggu (23/06).

BACA JUGA:Ini Identifikasi Masalah Stunting di Kecamatan, Berikut 3 Program Penurunannya

BACA JUGA:Stunting di Basel Turun 2,4 Persen

Dikatakannya, Pemkab Basel berhasil menurunkan angka stunting menjadi 20,3% pada tahun 2023 dari 23,0% di tahun 2022, begitu pula dengan persentase keluarga beresiko stunting turun drastis menjadi 26,41% jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 66,60.

Hal ini juga sesuai dengan inovasi program  Antara lain seperti, Gardu Kemunting (Gerakan Terpadu Kendalikan dan Tuntaskan Stunting), Berkat Pasti (Bergerak Serentak Penurunan Stunting), Batu Belimbing (Bersama Bunda, Turun Benahi dan Lihat Tumbuh Kembang Anak Stunting), Layar Gading Ranting (Layanan Antar Jemput Cegah Rawat Darurat dan Stunting).

"Selain itu ada juga program unggulan lain yakni Moge Promkes dan Nyuling (Motor Gesit Promosi Kesehatan dan Penyuluhan Keliling), Yuk Krio (Yuk Konsultasi Di Rumah Sakit Mengenai Informasi Kesehatan Secara Online) dan beberapa inovasi lainnya," terang Herman.

BACA JUGA:Melalui Mini Lokakarya 2024, Jajaran Kecamatan Lepar dan Babinsa Koordinasi Masalah Stunting

BACA JUGA:Prevalensi Stunting Turun 2,4 Persen, Ini Program yang Diterapkan Pemkab Basel

Keberhasilan penurunan angka stunting ini juga adanya kerjasama antar stakeholder yang ada yakni, TP PKK Bangka Selatan, Instansi Forkopimda bahkan pihak swasta seperti Bank SumselBabel dan lainnya. 

Berdasarkan informasi yang diterima, penyerahan penghargaan, akan diberikan kepada Kepala Daerah dalam waktu dekat ini,  serta tim Kementrian Kesehatan direncanakan juga akan berkunjung ke Kabupaten Basel.

"Terima kasih atas kerjasama antar pihak, dengan bergotong royong menurunkan Stunting di Kabupaten Basel," tandasnya. (*)

BACA JUGA:3 Desa di Basel Menjadi Lokus Stunting, Prevalensi Diatas 10 Persen

Kategori :