Penasaran Madu Pahit, Turis 9 Negara Datangi Hutan Pelawan

Jumat 14-07-2023,15:51 WIB
Reporter : Sindi/yandi
Editor : Jal

BABELPOS.ID, NAMANG - Wisata Alam Hutan Pelawan, Desa Namang kembali mendapat kunjungan istimewa dari turis mancanegara.

Kali ini dari 9 Negara, yakni Mesir, Palestina, Yaman, Pakistan, Syria, Uganda, Thailand, Malaysia, dan Aljazair.

Para turis itu mendapatkan edukasi tentang hutan pelawan, lada, serta mencicipi madu hisap dan dijamu dengan makan bedulang.

BACA JUGA:Dinilai Berprestasi, Desa Namang Jadi Lokasi Visitasi Pelatihan P3PD Inspektorat Jendral Kemendagri

Kepala Desa Namang, Zaiwan mengatakan awalnya ia sempat diundang ke Universitas Muhammadiyah untuk memaparkan potensi hutan pelawan dan para turis mancanegara yang turut hadir, banyak bertanya mengenai madu pahit.

"Jadi mereka ini memang ada acara di Universitas Muhammadiyah Babel, karena penasaran ingin melihat, mencicip, maupun mendapatkan edukasi mengenai madu dan hutan pelawan, maka hari ini mereka datang berkunjung," ujarnya kepada babelpos.id, Jumat (14/7/2023).

BACA JUGA:Kalahkan 81.602 Desa, Namang Jadi Salah Satu dari 9 Desa ASEAN Village Network

Kata dia, ini merupakan kunjuangan wisata dengan kearifan lokal hutan pelawan yang menawarkan madu pahit, madu hutan liar, edukasi lada, dan wisata kuliner makan bedulang, lempah jamur pelawan, serta lempah kuning.

"Jadi mereka ini juga baru tahu tentang penampakan langsung dari batang dan buah lada," tuturnya.

BACA JUGA:Namang Hebat! Masuk 300 Besar Desa Wisata Indonesia

Ia bersyukur, karena para turis bisa mendapatkan pengalaman yang berharga, karena mereka belum pernah mendengar tentang madu pahit.

"Rata-rata mereka tadi beli untuk dibawa pulang," ucapnya.

BACA JUGA:Perdana, Murottal Emas Tingkat Kecamatan Namang Resmi Dilaunching

Ia berharap, Desa Namang bisa semakin terkenal, di kancah nasional maupun internasional. Apalagi Namang sudah menjadi wajah Indonesia, dan di wilayah Sumatera Indonesia, hanya Desa Namang, Babel yang masuk kategori mewakili asean.

"Saya ingin semakin mengembangkan wisata Desa Namang dengan nuansa alam dipadukan ekologi, kuliner, dan budaya khas Bangka Belitung," ujarnya. (*)

Kategori :