Susah Buang Air Besar? Ada 7 Penyebab, Anda Disebabkan Apa?

Sabtu 27-05-2023,03:14 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

Efek samping minum obat,BABELPOS.ID.- Ketika usah buang air besar (BAB), sering kali dianggap biasa saja.  Padahal ini bisa membahayakan.  Namun yang pasti, tidak nyaman.

Susah BAB yang dienal sebagai sembelit, terjadi ketika frekuensi buang air besar (BAB) berkurang.  Selain menyebabkan perut sakit dan kembung, orang yang susah BAB juga menjadi kurang napsu makan karena timbunan feses atau kotoran BAB yang belum dikeluarkan.

Ada banyak penyebab susah buang air besar yang sebaiknya tidak bisa disepelekan.

Berikut 7 Penyebab Susah BAB.

1. Pola Makan Tidak Sehat

Salah satu hal yang dapat menyebabkan susah buang air besar adalah pola makan tidak sehat.

Sebagai contoh, kurangnya kebutuhan serat dalam tubuh bisa menjadi penyebab utamanya.

Serat adalah sumber gizi yang dibutuhkan untuk melembutkan feses dan menjaga kelancaran gerak usus, sehingga buang air besar lebih lancar.

2. Kehamilan 

Susah BAB selama masa kehamilan merupakan kondisi yang kerap dikeluhkan para ibu hamil. 

Kondisi ini lazim. Pasalnya, ibu hamil mengalami perubahan hormon yang bisa memengaruhi sistem pencernaan sehingga tinja menjadi keras dan menggumpal. Selain itu, kekurangan serat dan pertumbuhan bayi yang menekan usus juga mengakibatkan bumil perlu mengeluarkan tenaga lebih saat buang air besar. 

3. Efek Samping Minum Obat Tertentu 

Bukan hanya karena pola makan, beberapa obat ternyata juga menyebabkan efek samping susah buang air besar. 

Beberapa obat yang bisa menyebabkan susah BAB di antaranya anti-asam lambung yang mengandung aluminium dan kalsium, suplemen zat besi, atau obat untuk mengatasi kejang otot. 

Kendati ada beberapa obat penyebab BAB, kamu sebaiknya tidak menghentikan penggunaan obat atau mengurangi dosisnya tanpa berkonsultasi dengan dokter. 

Kategori :