MUI Bentuk Timgab, Sorot Salam Yahudi Al Zaytun

Selasa 16-05-2023,12:20 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

BABELPOS.ID.- Ajakan salam Yahudi oleh pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang, menjadi salah satu atensi kesesatan yang nyata dari lembaga yang ada di Indramayu, Jawa Barat tersebut.

Dengan demikian, sederet penyimpangan sudah terjadi di sini.  Mulai dari Haji tak pelu ke Tanah Suci Mekkah tapi cukup ke Indramayu, panggilan azan yang seperti ajakan perang, saf shalat bercampur antara laki-laki dan perempuan, lalu khatib Sholat Jumat boleh wanita.

Dengan 'kelakuan' Panji Gumilang untuk kedua kalinya ini, MUI kembali membetuk tim gabungan.

Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh, menyatakan, tim gabungan dibentuk untuk mendalami laporan adanya sejumlah kontroversi ajaran Al Zaytun, juga menindak lanjuti masukan Wapres RI KH Ma`ruf Amin.

Adapun tim gabungan dibentuk dari Komisi Fatwa dan Komisi Pengkajian MUI.

Di samping itu, tim peneliti MUI juga melibatkan unsur MUI Provinsi Jawa Barat dan MUI Kabupaten Indramayu.

"Untuk mendalami kasus ini dan beberapa kasus kegamaan lainnya, tim ini juga sebagai tindak lanjut penelitian MUI 2002 lalu," ujar Niam dikutip dalam laman resmi MUI Digital, Senin 15 Mei 2023.

Sebenarnya, sambung Niam, MUI pernah melakukan kajian mendalam atas Al Zaytun pada 2002.

Saat itu, salah satu anggota tim, KH Aminuddin Yakub, menyampaikan bahwa Al Zaitun memiliki beberapa aspek yang dinilai menyimpang.

Salah satu yang masih mengganjal dalam kajian 2002 tersebut adalah kurikulum di Al Zaitun.

Dia menyebut ada kurikulum yang disembunyikan dan tidak disampaikan secara terbuka.

Pengarah tim peneliti MUI Prof Utang Ranuwijaya mengungkapkan, Surat keputusan untuk tim peneliti MUI sudah diterbitkan dan akan menggelar rapat membahas Al Zaytun.***

Artikel ini sudah dimuat di disway.id dengan judul:

https://disway.id/read/701822/mui-bentuk-tim-gabungan-tentukan-nasib-al-zaytun-pimpinan-panji-gumilang-langkah-selanjutnya-diungkap

Kategori :