Honda Babel Gelar Edukasi Keselamatan Berkendara bersama Telkom Akses Belitung

Rabu 15-02-2023,11:00 WIB
Reporter : Rel
Editor : Jal

BABELPOS.ID, TANJUNGPANDAN - PT Asia Surya Perkasa berkomitmen menekan angka kecelakaan dengan menghadirkan produk sepeda motor Honda yang menerapkan safety riding.

Mengusung tagline "Safety Riding Education Cari_Aman" yang sudah digunakan sejak tahun 2018, mereka konsisten menyosialisasikan hal tersebut ke berbagai kalangan.

Kali ini, PT Asia Surya Perkasa selaku Main Dealer Motor Honda Bangka Belitung (Babel) berkunjung ke Telkom Akses Belitung, Kamis (09/02). 

BACA JUGA:#Cari_Aman Berkendara, SMAN 1 Toboali ikut Sosialisasi Honda Babel Safety Riding

Sosialisasi langsung dipandu instruktur safety riding PT Asia Surya Perkasa, Anggie Faeza. 

Sebelum memulai sesi materi pengetahuan dasar atas penyebab terjadinya kecelakaan di Indonesia, Tim Safety Riding Honda Bangka Belitung melakukan pre-test terhadap karyawan dari Telkom Akses Belitung dengan maksud nanti di akhir sesi dapat mengkalibrasi seberapa jauh ilmu yang diserap oleh karyawan dari Telkom Akses Belitung terhadap ilmu yang didapatkan setelah pemaparan materi.

BACA JUGA:Honda Babel Berikan Edukasi Safety Riding ke Driver Online

Anggie mengatakan, kecelakaan lalu lintas umumnya dipengaruhi tiga faktor yakni manusia, kendaraan dan lingkungan. Namun dari ketiga faktor tersebut, manusia lah yang paling mempengaruhi kecelakaan karena bertindak sebagai operator (pengguna).

"Kalau dirasa tubuh kita sedang tidak dalam keadaan yang fit, mungkin lagi sakit atau terdapat cidera, ada baiknya untuk tidak mengendarai sepeda motor melainkan digonceng. Sebab pada saat berkendara membutuhkan keadaan fisik tubuh yang baik agar tidak terjadinya kecelakaan," kata Anggie.

BACA JUGA:Kampanyekan Cari Aman, Honda Babel Gelar Safety Riding untuk Karyawan

Perawatan kendaraan dan penggunaan sparepart yang tidak sesuai juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Seringkali ditemui kecelakaan lalu lintas disebabkan karena kondisi motor yang tidak layak seperti rem blong.

"Selain itu, dengan merubah bentuk kendaraan sepeda motor yang awalnya menggunakan ban normal diganti dengan ban racing. Hal tersebut merupakan salah satu yang menyebabkan terjadinya kecelakaan," ungkap Anggie.

BACA JUGA:Safety Riding Honda Babel Goes To Campus ISB Atma Luhur

Sebagai selingan penyampaian sosialisasi, peserta berkesempatan mendapatkan doorprize dari pertanyaan seputar materi safety riding yang dilemparkan Anggie ke peserta. 

Ia juga menjelaskan penurunan angka kecelakaan sepanjang tahun 2020 yang cukup signifikan. Jika pada tahun 2019 angka kecelakaan mencapai 116 ribu maka di tahun 2020 hanya terjadi 100.028 kecelakaan. Di mana, 58 persen di antaranya disebabkan faktor manusia dan 90 persen kecelakaan yang disebabkan sepeda motor.

Kategori :