2023, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang Akan Terus Tingkatkan Kualitas Layanan Bagi Masyarakat

Rabu 28-12-2022,21:06 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Babelpos

PANGKALPINANG – Tahun 2023 menjadi momentum peningkatan kinerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat termasuk pengawasan yang humanis terhadap orang asing (WNA).

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang Wahyu Wibisono dalam Press Release Capaian Kinerja, Rabu (28/12/2022). 

Pria kelahiran Tanggerang ini menjelaskan, resolusi tahun 2023 yang diprioritaskan adalah meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP), baik yang berasal dari pelayanan keimigrasian bagi WNI maupun WNA.

“Bagi WNI selain melalui pelayanan penerbitan Paspor Republik Indonesia di dalam Kantor Imigrasi Pangkalpinang, juga melalui kegiatan pelayanan paspor di luar kantor Imigrasi Pangkalpinang. Hal ini juga sudah kami lakukan di tahun 2022 melalui inovasi Eazy Passport yang merupakan layanan permohonan paspor kolektif di lokasi pemohon,” ungkap Wahyu.

Ia melanjutnya, Imigrasi Pangkalpinang juga memiliki inovasi layanan paspor di akhir pekan yang aman dan nyaman (LAPOR NDAN), inovasi ini dilaksanakan di Sabtu dan Minggu di akhir bulan dan berlokasi di Transmart Pangkalpinang. Maksud dilaksanakan inovasi ini, tutur Wahyu adalah untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mengajukan permohonan paspor di hari kerja.

“Yang berikutnya di tahun 2023, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang akan melaksanakan sinergitas serta koordinasi pengawasan orang asing di setiap kabupaten dan kota di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang. Tentunya dengan menerapkan pengawasan keimigrasian yang humanis, serta meningkatkan sosialisasi kepada pemilik hotel/penginapan mengenai kewajiban pelaporan keberadaan orang asing yang menginap di tempat penginapannya kepada Kantor Imigrasi sesuai dengan Pasal 72 ayat 2 UU no 6 tahun 2011 tentang keimigrasian,” jelas Wahyu.

Wahyu menambahkan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang akan terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat pengguna layanan keimigrasian melalui inovasi-inovasi yang akan dihadirkan untuk memberikan layanan yang bersih, ramah, berintegritas, lugas, inovatif, akuntabel dan nyaman demi mewujudkan Imigrasi Pangkalpinang sebagai satuan kerja berpredikat Wilayah Birokrasi bersih dan Melayani pada tahun 2023.

Kategori :