Bank Indonesia Bangka Belitung launching QRIS dan Cashless Payment System Transaksi Pemkab Bangka Barat

Selasa 29-03-2022,17:54 WIB
Editor : babelpos

BANGKA BARAT - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan Bank Sumsel Babel resmi melaunching pemanfaatan QRIS dan Cashless Payment System Transaksi Pemkab Bangka Barat, Selasa (29/3/2022).

 

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memperluas Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETPD) dan meningkatkan capaian Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemda (IETPD) Bangka Barat, baik transaksi pendapatan maupun pengeluaran yang mencangkup mulai dari QRIS 9 jenis Pajak, SIAP QRIS Pasar Tani, QRIS RSUD, QRIS objek Wisata Menumbing (Wisata Alam dan Haritage), Kartu Pasar, Kartu KIR, Name Tag Pegawai, BSB Cash dan ATM Bansos.

 

Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Josinar Purba yang mewakili Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa kegiatan launching QRIS dan Cashless Payment System Pemkab Babar ini, diharapkan dapat mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah Pemkab Babar (PAD), meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan publik, serta mendukung transparansi dalam sistem pemerintahan.

 

BACA JUGA: Budi Widihartanto Resmi Nakhodai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Babel

 

Rangkaian kegiatan launching diawali dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Bangka Barat yang diinisasi oleh KpwBI Bangka Belitung sebagai bentuk Koordinasi, sebagai salah satu upaya mendorong dan meningkatkan koordinasi yang baik dalam mendorong peningkatan Indeks ETPD Bangka Barat.

 

Dalam TP2DD Kpw. Bank Indonesia Babel tidak hanya berperan sebagai Lembaga yang menetapkan regulasi dan oengembangan Sistem Pembayaran, tapi juga berperan sebagai advisor. Dengan sinergi yang baik dari seluruh anggota TP2DD Bangka Barat yang dikomandoi oleh Bupati Bangka Barat serta Kepala KPwBI Bangka Belitung sebagai Wakil, serta dukungan semua OPD Babar, ETPD pada Pemkab Bangka Barat pada triwulan IV 2021 telah berhasil berada pada posisi Digital dengan skor Indeks ETPD 91,2%.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan seremoni launching QRIS dan Cashless Payment System 9 Transaksi Pemda Bangka Barat serta prosesi Transaksi Belanja dengan SCAN QRIS Rp1 secara bersama oleh Bupati Babar Bp.H.Sukirman, Deputi Kepala KPwBI Bangka Belitung Bp.Edy Josinar Purba, dan Direktur Bisnis Bank Sumsel Babel.

 

Selain itu, KPwBI Babel juga melaksanakan sosialisasi Transaksi Digital & QRIS terhadap 100 ASN di lingkungan Pemkab Bangka Barat yang dilajutkan dengan praktek transaksi penggunaan QRIS Rp1 bagi ASN. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan ekosistem digital di lingkungan Pemkab Bangka Barat yang merupakan center point bagi masyarakat dalam penerapan transaksi digital.

Tags :
Kategori :

Terkait