Tipikor Timah, Kejagung Garap Kluster Pemda, Jajaran ESDM Babel Ketar-ketir?

Tipikor Timah, Kejagung Garap Kluster Pemda, Jajaran ESDM Babel Ketar-ketir?

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dan Menteri BUMN Erick Thohir Sepakat untuk Membenahi BUMN. --

BABELPOS.ID.- Pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pertimahan, tampaknya tak hanya akan menyasar ke Badan usaha Mlik Negara (BUMN) PT Timah Tbk --kluster BUMN--.  Namun juga akan menyasar ke Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) --kluster Pemda--.

Kian menguatnya pengungkapan dugaan Tipikor pertimahan salah satunya di kluster Pemda, terlihat tim Kejaksaan Agung (Kejagung) saat penggeledahan juga di Dinas ESDM Babel dan PTSP.  

BACA JUGA: Terkait Tipikor PT Timah, Kejagung Periksa Kadis dan Mantan Plt Kadis ESDM Babel?

Dan hingga kemarin (3/11), dari 10 saksi yang diperiksa,  9 diantaranya justru berasal dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Babel.  Dari 9 saksi itu, 2 diantaranya mantan PLT Kadis ESDM Babel.  Semua yang dperiksa ini berada di posisi jabatan strategis menysangkut pertabangan tahu 2015-2019.

Inti dari pengusutan di 2 kluster itu adalah menyngakut pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah Tbk tahun 2015 s/d 2022.

Lantas, apa kaitan dengan Pemda?

Pejabat di lingkungan ESDM Babel tidak ada yang mau bersuara soal kasus termasuk pemeriksaan saksi-saksi oleh Tim Kejagung ini. 

BACA JUGA:Terkait Tipikor PT Timah, Ada Eks Direktur BUMN yang Diperiksa Kejagung?

''Semua ketar-ketir terutama yang ada jabatan di tahun 2015-2019 itu.  Jadi wajar Pak jika mereka seperti tertutup soal ini,'' ujar PNS salah sau dinas di babel. 

Seperti diketahui, dari 9 nama dari Dinas ESDM Babel, 2 diantaranya adalah Plt Mantan Kadis ESDM Babel.  Masing-masing disebut-sebut berinisial R (Rusbani) mantan Plt. Kadis ESDM Babel tahun 2019, dan AS (Amir Syahbana) yang tahun 2020 masih berstatus Plt Kadis ESDM Babel --sekarang Kadis definitif ESDM Babel--.

Dengan pemeriksaan ini, pertanyaan muncul, apakah hanya sebatas Kadis saja?  Apa juga akan mengarah ke pejabat yang lebih tinggi saat kebijakan 2015-2019 itu berjalan?

BACA JUGA:Tipikor PT Timah, Jadi Prioritas Kejagung, Bakal Banyak Terseret

Sementara, 7 karyawan ESDM Babel yang diperiksa semua punya jawaban.  Yaitu:

1. E Selaku Kepala Seksi Eksploitasi dan Konservasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: