Mau Kurangi Konsumsi Garam? Ini 6 Pengganti yang Cocok

Mau Kurangi Konsumsi Garam? Ini 6 Pengganti yang Cocok

--

BABELPOS.ID - Garam merupakan salah satu bumbu untuk membuat masakan menjadi gurih.

Namun jika dikonsumsi berlebihan garam tidak baik bagi kesehatan.

Nah, agar masakan tetap nikmat dengan garam yang terukur, berikut 6 bahan pengganti garam yang bisa digunakan untuk masakan dan makanan agar tetap nikmat.

1. Salted Butter (Mentega Asin)

Mentega dibedakan menjadi dua jenis, yaitu yang rasa asinnya kuat maupun tanpa rasa. Sebagian orang lebih suka memasak dengan mentega tanpa rasa, karena tak terlalu asin.

Namun, saat kehabisan garam kamu bisa menggunakan mentega asin. Mentega asin ini bisa menambahkan cita rasa pada makanan yang tawar. Cocok digunakan pada tumisan maupun makanan panggang.

2. Kecap Asin

Kecap terdiri dari berbagai jenis, ada yang manis dan asin. Kecap asin yang dikenal dengan nama shoyu di Jepang ini memiliki rasa asin yang kuat. Jenis kecap ini memberikan rasa umami pada masakan Jepang.

Kecap asin bisa disajikan bersama sushi. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membumbui masakan yang ditumis. Nasi goreng juga bisa kamu bumbui kecap asin.

Tak hanya untuk bumbu, tapi kecap asin juga bisa dijadikan sebagai campuran kuah ramen. Kuah ramen berbumbu dasar kecap asin ini memiliki rasa yang light dan agak bening.

3. Buah dan Sayuran yang Diawetkan

Pengganti garam bisa didapatkan dari buah dan sayuran yang diawetkan. Biasanya buah atau sayuran ini nantinya memiliki rasa asin yang kuat, seperti tongcai. Tongcai terbuat dari sawi putih yang diasinkan.

Tongcai ini biasa disajikan sebagai pelengkap hidangan. Banyak yang menambahkan tongcai ini untuk menikmati seporsi bakmi maupun bubur ayam. Rasa asin tongcai ini terasa sedap, jadi membuat makan makin berselera.

4. Keju

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: