BPJ Ingin "Makmurkan" Masyarakat dengan Menanam Bibit Pohon Produktif

BPJ Ingin

PANGKALPINANG - Sebanyak 1.000 bibit pohon produktif diserahkan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Baturusa Cerucuk Bangka Belitung (Babel) kepada anggota DPR RI Bambang Patijaya, Jumat (29/7) kemarin.

Lewat bibit pohon produktif ini disamping sebagai upaya penghijauan di lingkungan masyarakat, BPJ-biasa Bambang disapa, ingin memakmurkan masyarakat mengingat bibit produktif memiliki nilai ekonomis. Bibit ini akan disebarkan pihaknya melalui kepengurusan DPD Partai Golkar Babel.

"Bibit-bibit yang kita terima ini akan segera kota distribusikan ke masyarakat untuk menambah penghijauan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat tiga tahun kedepan," ujarnya.

Beberapa bibit yang diterima BPJ diantaranya bibit Alpukat, Manggis dan Jeruk yang diyakininya bermanfaat bagi masyarakat, layaknya menghijaukan pekarangan rumahnya sekaligus untuk konsumsi rumah tangga. "Semoga dapat menambah nilai ekonomi dan konsumsi rumah tangga mereka," ujarnya.

Sementara Kepala BPDASHL Baturusa Cerucuk Teksliyanto menjelaskan, ada  3.000 bibit pohon produktif yang diserahkan pada saat itu. Selain 1.000 kepada BPJ, ada 2.000 bibit diserahkan ke Kelompok Pemuda Tani yang tergabung dalam DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Babel.

Teksliyanto mengungkapkan, BPDASHL Baturusa Cerucuk sendiri menyediakan sebanyak 700 ribu bibit, dimana 8 jenis atau 84.000 diantaranya jenis kayu-kayuan yakni cemara laut, pelawan, kencana, sengon, tabebuya, gaharu dan pucuk merah. Dan untuk hasil hutan bukan kayu ada 616.000 bibit, seperti kopi, durian, rambutan, alpukat, pinang, sirsak, jambu meter, mangrove, karet, jeruk kunci, jengkol, manggis dan cempedak.

"Bibit untuk penanaman ini bisa dilakukan oleh perorangan, masyarakat, instansi pemeirntah, kelompok tani, perguruan tani dan pihak lainnya. Yang penting ada format pengajuan, serta persyaratan untuk mendapatkan bibit dapat diunduh di bit.ly/Form_Bibit. Semoga bantuan bibit yang kota serahkan ini bermanfaat untuk masyarakat," ungkapnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: