Pj Wali Kota Budi Pastikan Kesiapan Pilkada 2024

Pj Wali Kota Budi Pastikan Kesiapan Pilkada 2024

Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar rapat koordinasi Forkopimda Kota Pangkalpinang, Rabu (16/10/2024) di Smart Room Center.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar rapat koordinasi Forkopimda Kota Pangkalpinang, Rabu (16/10/2024) di Smart Room Center.

BACA JUGA:Pj Wako Budi Ajak Kafilah Pangkalpinang Terus Ukir Prestasi

Rapat dipimpin oleh Pj Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama didampingi Sekretaris Daerah, Mie Go membahas berbagai persiapan yang diperlukan dalam penyelenggraaan pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November mendatang.

BACA JUGA:Apple Rilis iPad Mini dengan Chip A17 Pro, Harganya Segini

Budi menyebut bahwa pemilihan kepala daerah telah memasuki tahapan kampanye sehingga dibutuhkan perhatian khusus sehingga proses penyelenggaraan pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dia menyebut, dalam pelaksanaan pilkada terdapat beberapa poin penting yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri.

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Babel Bahas Ranperkada Kota Pangkalpinang tentang Smart City

Terkait hibah anggaran, Budi menyebut pemerintah kota telah memastikan pelaksanaan hibah anggaran pilkada sudah terdistribusi sempurna kepada penyelenggara Pemilu yakni KPU dan BAWASLU dan Pengamanan Pemilukada kepada TNI dan POLRI.

BACA JUGA:Pancasila Dalam Prespektif Akademik Menurut Pj Bupati Haris

“Kepada KPU Kota Pangkalpinang sebesar Rp 23.950.284.000 kepada Bawaslu Kota Pangkalpinang sebesar Rp 6.364.656.000.

Sedangkan untuk dana Penganggaran Pemilukada telah dianggarkan dan saat ini sedang dalam proses pencairan yaitu untuk Rp 3.205.756.840,00 dan untuk POLRI dalam hal ini Polresta Pangkalpinang sebesar Rp 1.276.129.000,” jelasnya.

BACA JUGA:Ombudsman & Bawaslu Koordinasikan Netralitas ASN dalam Pemilukada

Budi juga meminta agar seluruh pihak dapat melakukan koordinasi menyiapkan data agregat kependudukan dan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4).

Ia juga mengingatkan agar sosialiasi terkait pilkada terus digencarkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: