Bawaslu Bangka Pastikan Perketat Pengawasan Pilkada 2024

Bawaslu Bangka Pastikan Perketat Pengawasan Pilkada 2024

Apel siaga pengawasan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 di Kabupaten Bangka.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka, memastikan akan memperketat pengawasan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2024 menurunkan ratusan pengawas.

BACA JUGA:AHY Minta Jajaran Penuhi Kepastian Hukum Hak Atas Tanah Masyarakat

"Pengetatan pengawasan pilkada dengan menurunkan ratusan personel pengawas mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, desa sampai dengan pengawasan di setiap tempat pemungutan suara," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti di Sungailiat, Selasa (24/9) usai apel siaga pengawasan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

BACA JUGA:PT Timah Kembali Akan Fasilitasi Nelayan dan Kelompok Rentan Miliki Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

Tercatat total jumlah pengawas di TPS sebanyak 455 orang atau sama dengan jumlah TPS yang sudah ditetapkan KPU, pengawas kecamatan  sebanyak 24 orang, kelurahan dan pengawas desa yang mencapai 81 0rang,

Ia mengatakan, pengawasan di lapangan oleh semua petugas pengawas pilkada adalah kewajiban melekat yang harus dilakukan untuk mengantisipasi tindak pelanggaran pilkada.

"Kami pastikan semua petugas pengawas pilkada sudah siap menjalankan tugas di masing - masing wilayah kerjanya," kata Sugesti.

BACA JUGA:Simak!!! Ini Program PPM PT Timah yang Dilaksanakan Berkelanjutan, Berikan Manfaat Ekonomi Bagi Masyarakat

Dia mengakui, tugas seorang pengawas tidak mudah karena diketahui indeks kerawanan pemilu di Kabupaten Bangka masuk dalam kategori sedang.

"Integritas yang tinggi seorang pengawas diperlukan untuk mampu secara objektif melaksanakan tugas masing-masing," jelas dia.

Meskipun Bawaslu Kabupaten Bangka telah menyiapkan ratusan petugas pengawas Pilkada 2024, Sugesti mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut berpartisipasi melakukan pengawasan sehingga terselenggara pilkada yang aman, tertib.

BACA JUGA:KPU Bangka Komitmen Wujudkan Pilkada Damai

Sugesti menyebut, hasil mitigasi kerawanan di lapangan diketahui berada di wilayah Kecamatan Riau Silip.

Hal ini disebabkan masyarakat di wilayah itu cukup beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: