Lomba Tari Sambut Semarakkan Hari Jadi Pangkalpinang ke-267

Lomba Tari Sambut Semarakkan Hari Jadi Pangkalpinang ke-267

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar lomba tari sambut pelajar untuk menyemarakkan Hari Jadi Pangkalpinang ke-267 yang digelar di Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (4/9/2024).

Lomba tari sambut yang diikuti oleh 38 grup seni tari dengan jumlah 300 peserta yang berasal dari 36 sekolah. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kota Pangkalpinang, Yuniar Putia Rahma.

Yuniar menyampaikan, tari sambut merupakan ekspresi seni yang mengandung makna mendalam dari suatu budaya. Melalui gerakan, musik, dan kostum tari sambut menjadi cermin dari identitas suatu masyarakat.

Dalam dunia pendidikan, memahami dan mempraktikkan tarian tradisional membantu siswa memahami akar budaya mereka sendiri, mempertahankan keunikan identitas mereka, dan merasa bangga sebagai bagian dari suatu tradisi.

BACA JUGA:HP Murah Samsung Sudah Tersedia di Indonesia, Harga Cuma Segini

“Tari Sambut tersebut perlu difasilitasi dan diimplementasikan secara optimal di sekolah dan di masyarakat, sehingga kondisi ini menjadi perangkat (tools) nilai strategis untuk membentuk karakter dan jati diri bangsa dimana siswa dapat lurut berpartisipasi dalam pelestarian kesenian tradisional,” ujarnya.

Kata Yuniar, sekolah sebagai institusi formal selama ini telah berusaha menjalankan fungsi akademisnya dengan mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang. Namun demikian keseimbangan pada aspek lain yaitu sosial dan emosional harus diperhatikan pula.

BACA JUGA:Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024, Ada Fun Run 5K di Toboali

Melalui pengimbasan dan pewarisan keahlian pakar dan maestro tari sambut, siswa dapat memahami dan menghargai keanekaragaman kekayaan seni budaya di sekitar mereka. Dalam dunia yang semakin terhubung, kemampuan untuk menghargai perbedaan kekayaan seni budaya menjadi keterampilan yang sangat penting.

“Seni tari memberikan peluang bagi siswa untuk menjelajahi dan meresapi berbagai kekayaan seni budaya, memupuk toleransi, dan membangun pengertian antarbudaya,” jelasnya.

Yuniar juga mengapresiasi program Seni Tari Tradisi Masuk Sekolah (ST2MS) yang diinisiasi oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Pangkalpinang. Dia menilai program ini sangat bagus karena telah terbukti mampu menginspirasi banyak pihak terutamanya dalam upaya membangun iklim sekolah yang menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan, dan menguatkan.

BACA JUGA:Ditinggal Mandi, 2 Hp di Atas Meja Raib, Ini Pelakunya

“Kegiatan (ST2MS) diharapkan menciptakan warga dapat sekolah yang dapat mengapresiasi seni budaya yang ada di masyarakat, dan menambah kecintaan kita pada seni tradisi terutamanya tari sambut, sehingga seni tradisi dapat lestari, maju dan berkembang baik di Kota Pangkalpinang bahkan di tingkat internasional,” ujar Yuniar.

Ke depan Yuniar berharap pelestarian seni tradisi ini tidak terhenti sebatas workshop dan lomba tari sambut saja, tapi dilanjutkan dengan seni tradisi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: