Kanwil Kemenkumham Babel Ikuti Arahan Kepala BPSDM terkait

Kanwil Kemenkumham Babel Ikuti Arahan Kepala BPSDM terkait

--

PANGKALPINANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung ikuti arahan kepala Badan Pengembangan Sumber daya manusia (BPSDM) Kumham, Razilu secara daring dari Balai Pengayoman Kantor Wilayah, Senin, (29/7/24). Arahan tersebut terkait Rangkaian Webinar Series BPSDM KUMHAM.

Menurut Razilu, Pengembangan SDM termasuk dalam 5 Prioritas Kerja Presiden Tahun 2019-2024 dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045.

Indeks Profesionalisme ASN Pegawai Kemenkumham sudah cukup tinggi di angka 81, tetapi nilai tersebut dapat ditingkatkan terutama pada bagian kompetensi dan itu merupakan peran utama BPSDM Hukum dan HAM. 

Webinar series merupakan salah satu bentuk dan jalur pengembangan kompetensi yang mudah, efektif dan efisien. Webinar Series ini mengangkat tema 'Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM' yang dilaksanakan selama 8 (delapan) kali, akan menghadirkan narasumber berkualitas di bidangnya masing-masing.

Webinar Series 1, yakni Launching Webinar Series akan digelar Tanggal 5 Agustus 2024 dengan Narasumber Menteri Hukum dan HAM dan mengangkat materi 'SDM Berkualitas Menyongsong Indonesia Emas 2045'.

Lalu Webinar Series 2, Tanggal 29 Agustus 2024 dengan Narasumber Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia dengan materi 'Karier dan Kinerja Jabatan Fungsional sebagai Penggerak Pembangunan ASN BerAKHLAK'.

Selanjutnya, Webinar Series 3, Tanggal 12 September 2024 dengan materi 'Kenali Potensimu dan Maksimalkan Performamu' yang akan disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kemudian Webinar Series 4, Tanggal 26 September 2024 dengan Narasumber KemenPAN-RB yang akan membawakan materi 'Jabatan Fungsional sebagai Investasi SDM bagi Organisasi Masa Depan'.

Selanjutnya  Webinar Series 5 Tanggal 10 Oktober 2024 dengan Narasumber Lembaga Administrasi Negara (LAN) dengan materi 'Powerful Coaching, Mentoring, dan Conseling untuk Perubahan Organisasi dan Pengembangan Kompetensi ASN', Webinar Series 6 Tanggal 24 Oktober 2024 dengan Narasumber KemenPanRB dengan materi 'Personal Branding ASN'.

Kemudian, Webinar Series 7, di  Tanggal 7 November 2024 dengan Narasumber dari Lembaga administrasi Negera (LAN) yang akan membahas materi 'Mengenal Kompetensi Sosio Cultural ASN'. Dan terakhir, Webinar Series 8 Tanggal 21 November 2024 Narasumber KemenPanRB/BKN/Bito SDM dengan materi 'Kiat Sukses Berkarir di Jabatan Fungsional'.

Razilu berharap, semoga webinar series dapat berjalan dengan baik sehingga benar-benar dapat mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kompeten, sesuai jabatan yang diemban.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengatakan, pada Kanwil Kemenkumham Babel juga telah diterapkan Coorporate University, diantaranya mengusulkan 750 pegawai untuk menjadi peserta Diklat pada 9 modul Metode Massive Open Online Course (MOOC) Tahun 2024.

Sampai dengan tanggal 29 Juli 2024, peserta diklat dari Kanwil Kemenkumham Babel sebanyak 1087, yang  terdiri dari 1075 peserta dari 27 Diklat Teknis, 11 peserta dari 3 Diklat Fungsional dan 1 peserta dari 1 Diklat Struktural.

Selain pembelajaran formal, juga dilaksanakan pembelajaran non formal melalui kegiatan NGOPI HANGAT (Ngobrol Pagi Hal-Hal yang Bermanfaat). NGOPI HANGAT dilaksanakan setiap Selasa hingga Kamis pagi, berisi pemaparan capaian kinerja mingguan dan membahas isu terkini terkait tugas dan fungsi Kemenkumham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: