Bangun Literasi Statistik, BPS Tempatkan Pojok Statistik di UBB

Bangun Literasi Statistik, BPS Tempatkan Pojok Statistik di UBB

Peresmian Pojok Statistik UBB. --Foto: Julian

BABELPOS.ID, MERAWANG - Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Amalia Adininggar Widyasanti didampingi oleh Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Moh Edy Mahmud dan Kepala Badan Pusat Statistik Bangka Belitung (Babel) Toto H Silitonga meresmikan Pojok Statistik Universitas Bangka Belitung (UBB).

Pada kesempatan tersebut, Amalia menjadikan peresmian Pojok Statistik UBB sebagai momentum pengembangan literasi statistik di Babel.

“Kehadiran Pojok Statistik bertujuan untuk membawa statistik lebih dekat dengan penggunanya di lingkungan pendidikan, termasuk Perguruan Tinggi," ujarnya.

BACA JUGA:Dosen Matematika UBB Berikan Tips dan Trik Penyelesaian Soal Skolastik UTBK di SMAN 1 Belinyu

BACA JUGA:UBB Wisuda 300 Sarjana, Prof. Ibrahim: Jadilah Juru Keadilan dan Kebenaran

Ia menyebut bahwa ini juga merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang mereka lakukan bersama civitas akademika.

"Bagaimana nantinya seluruh aktivitas dan layanan bersifat kolaboratif, dikelola bersama oleh BPS dengan Perguruan Tinggi melalui pelibatan mahasiswa dan akademisi sebagai agen statistik," imbuhnya.

Sementara Rektor UBB, Ibrahim, yang turut hadir pada acara tersebut menyatakan bahwa Pojok Statistik menjadi simbol keterpaduan antara keilmuan dan praktik statistik di lapangan.

"Pojok statistik menjadi kondimen yang akan melengkapi kemampuan mahasiswa dalam memahami bahasa dan indikator statistik. Hal ini menyempurnakan bentuk layanan dan kerja sama antara UBB dan BPS Babel yang telah terjalin sebelumnya, yaitu pembentukan agen statistik," tuturnya.

BACA JUGA:Wisuda Angkatan XXXI, UBB Sudah Luluskan 8.491 Sarjana

BACA JUGA:Mahasiswa UBB Inovasi Dry Foam Shampoo Kucing

Dalam laporan Kepala BPS Babel Toto menyampaikan bahwa layanan Pojok Statistik di Perpustakaan UBB mulai hadir sejak Desember 2021. Kolaborasi ini terus berkembang hingga telah melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama pada bulan April 2024.

"Sejak Pojok Statistik berdiri, berbagai macam kegiatan mulai dari pelayananan konsultasi statistik, promosi dan edukasi statistik, hingga keikutsertaan perwakilan Agen Statistik UBB dalam kompetisi statistics datacamp telah dilakukan," terangnya.

Penyelenggaraan kegiatan Peresmian Pojok Statistik UBB tak lepas dari peran Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Pusat dan ISEI Babel yang telah menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk Eventonomics: Learning from Swiftonomics, Multisport Events, and MICE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: