Berdayakan Para Mustahik, Ini Program yang Digaungkan Baznas Basel

Berdayakan Para Mustahik, Ini Program yang Digaungkan Baznas Basel

Buhari Muslim --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus berinovasi dengan menghadirkan program guna pemberdayaan para mustahik.

Mustahil adalah orang - orang yang berhak menerima zakat khususnya yang terdiri dari delapan kelompok ashnaf yakni, fakir, miskin, amil Zakat, muallaf, budak, orang yang berhutang untuk jalan Allah dan musafir.

Kepala Baznas Basel Buhari Muslim menyampaikan, bahwa pihak Baznas akan terus berinovasi untuk memberikan usaha bagi para penerima zakat atau mustahik.

"Kita berkeinginan papa mustahik ini mempunyai usaha sendiri, yang bantuan baik dari modal maupun alat untuk usahanya kita yang memberikan," sebutnya, Selasa (16/07).

BACA JUGA:Launching Program Z Ice Milik Baznas, Ini Harapan Bupati Basel

BACA JUGA:Ramadan Berkah, Baznas Gandeng PWI Basel Berikan Sembako ke Lansia

Disebutkannya, Baznas Basel saat ini sudah memprogramkan Z Auto, yaitu bantuan bagi para mustahik dengan membuka bengkel sendiri, yang bantuan alat perbengkelan maupun pelatihannya ditanggung oleh Baznas.

Saat ini terdapat 6 Mustahik yang sedang menjalani pelatihan di salah satu bengkel di Pangkalpinang, dengan pelatihan selama kurang lebih 3 sampai 6 bulan dan tetap digaji oleh Baznas selama pelatihan.

"Kita sudah dalam proses memberikan pelatihan bagi mustahik yang mendapatkan bantuan alat perbengkelan maupun modal lainnya," terang Buhari.

BACA JUGA:Kepemimpinan Riza-Debby Raih Penghargaan Baznas RI, Satu-satunya di Babel

Pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan pihak profesinal terkait perbengkelan, guna dilakukan pendampingan dimulai dari pembukuan, pemantauan hasil kerja maupun perkembangan bengkel.

Program - program ini juga untuk merubah status yang semula sebagai Mustahik menjadi Muzakki yang membayar zakat, atau sedikit menaikkan taraf kehidupan semula penerima zakat yang nantinya bisa sebagai yang memberikan zakat.

"Kami akan terus berinovasi dengan program - program yang utamanya mencegah terlebih dahulu warga sebelum menjadi Mustahik, sehingga bantuan seperti ini menjadi tepat sasaran serta meningkatkan taraf kehidupan dengan berpenghasilan yang pasti," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Majukan Ekonomi Desa, Bupati Riza Gandeng Baznas Ciptakan 250 Usahawan Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: