KM Lintas Armada Nusantara Terbalik di Alur Dalam Pelabuhan Pangkalbalam

KM Lintas Armada Nusantara Terbalik di Alur Dalam Pelabuhan Pangkalbalam

Evakuasi ABK KM Lintas Armada Nusantara yanv kandas di Pelabuhan Pangkalbalam. --Foto: agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Kapal Motor (KM) Lintas Armada Nusantara alami dikabarkan tenggelam di alur dalam Perairan Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung, Minggu (7/7/2024) dini hari. 

Informasi yang diperoleh Babel Pos, sebelumnya pada Minggu (7/7/2024) sekira pukul 03.17 WIB, kapal tersebut diketahui lego jangkar di area alur dalam Pelabuhan Pangkalbalam tepatnya di depan KM Sentosa 12 dan mengangkut 13 ABK.

Menurut ABK Kapal tersebut arus muara Pangkalbalam pada saat kejadian sedang surut deras menyebabkan kapal KM Lintas Armada Nusantara yang lego jangkar mengalami larat dan hanyut ke depan Haluan KM Sentosa 12. 

BACA JUGA:Dihantam Ombak, Kapal Nelayan Mentok Tenggelam di Laut Basel, 3 ABK Dikabarkan Hilang

BACA JUGA:Mobil Box Baru Turun dari Kapal Feri, Bawa 1510 Bungkus Rokok Tanpa Cukai

Nahkoda kapal yang mengetahui hal tersebut, bergegas menghidupkan mesin, namun kondisi arus yang cepat menyebabkan kapal tidak sempat olah gerak hingga menabrak bagian depan haluan KM Sentosa 12 dan terbalik.

Menurut penuturan salah satu ABK kapal, Kejadian tersebut berlangsung sangat cepat sehingga mereka tidak dapat menggerakkan kapal untuk menghindari tabrakan yang disebabkan oleh arus muara yang cepat. 

Kemudian Kapal tersebut langsung miring secara cepat dan seluruh ABK segera mengevakuasi diri ke lambung kapal yang miring. 

Nahkoda kapal tersebut langsung menghubungi unsur maritim KSOP Pangkalbalam dan menginfokan kejadian tersebut ke Kansar Pangkalpinang untuk bantuan evakuasi.

BACA JUGA:Pj Gubernur Safrizal ZA Sebut Kandasnya Kapal di Alur Pangkalbalam Teratasi

BACA JUGA:Dievakuasi Nelayan, 3 ABK Kapal Karam Asal Kurau Dipastikan Selamat

Kakansar Pangkalpinang I Made Oka Astawa membenarkan kejadian tersebut. Saat ini, kata dia, proses evakuasi kapal sedang berlangsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: