Lestarikan Cagar Budaya, Dandim Basel Bersama Forkopimda Bersihkan Benteng Toboali

Lestarikan Cagar Budaya, Dandim Basel Bersama Forkopimda Bersihkan Benteng Toboali

Kerja bakti membersihkan Benteng Toboali. --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Guna melestarikan Cagar Budaya, Dandim 0432/Bangka Selatan (Basel) bersama OPD serta Forkopimda bersih - bersih situs peninggalan sejarah yang terletak di Himpang Lima Habang yakni Benteng Toboali.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan memelihara keindahan warisan bersejarah yang sangat berarti bagi masyarakat setempat.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0432/Basel, Letkol Arh Sebmy Setiawan yang memimpin langsung kegiatan pembersihan Cagar budaya Benteng Toboali mengungkapkan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi antara instansi saling bekerjasama bahu membahu dan kompak dalam menjaga serta memelestarikacagar budaya.

"Inilah wujud karya bakti kita saling bergotong royong, serta sebagai contoh nyata bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama," ucapnya, Jum'at (05/07).

BACA JUGA:Raperda Arsitektur Bangunan Gedung Berornamen Jati Diri Budaya Basel, Ini Tanggapan Yogi Maulana

BACA JUGA:Budaya Gotong Royong Hampir Pudar, Ini yang Dilakukan Babinsa Payung

Disebutkannya, cagar budaya Benteng Toboali merupakan situs peninggalan sejarah yang penting bagi daerah, apalagi situs ini terletak di lokasi yang strategis yakni di kawasan Pendestrian Himpang Lima Habang.

"Kami bertekad untuk menjaga Benteng Toboali tetap bersih dan dapat dinikmati oleh seluruh warga sebagai salah satu kebanggaan kota ini," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) Basel Firmansyah mengatakan, kegiatan gotong royong membersihkan cagar budaya ini adalah salah satu hal penting, apalagi ini juga merupakan salah satu kunjungan para wisatawan.

"Benteng Toboali ini juga masuk tempat favorit para wisatawan sejarah, sehingga kegiatan ini sangatlah tepat dilakukan dalam menjaga kebersihan situs peninggalan sejarah," tuturnya.

BACA JUGA:Pentas Seni dan Pekan Literasi, Cara SMA Negeri 1 Lepong Perkuat Budaya

BACA JUGA:Lakso Habang Jadi Warisan Budaya Indonesia

Dikatakan Firmansyah, Benteng Toboali merupakan situs peninggalan sejarah yang hampir semua masyarakat Toboali tahu sejarahnya. Sehingga apabila kawasan sejarah ini kumuh dan kurang bersih, maka para wisatawan pun enggan untuk mengunjunginya.

"Jadi kami berharap jagalah kebersihan situs bersejarah ini, apalagi Benteng Toboali ini mempunyai sejarah yang panjang serta juga menjadi bagian lahirnya kota Toboali," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: