Rp34 Miliar untuk Air Bersih dan Sanitasi Bateng

Rp34 Miliar untuk Air Bersih dan Sanitasi Bateng

--

BABELPOS.ID, KOBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah menyediakan anggaran Rp3,4 miliar untuk pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi.

"Tahun ini kami mendapatkan gelontoran anggaran dari APBN senilai Rp3,4 miliar untuk pembangunan sarana air bersih dan sanitasi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUTRP) Bangka Tengah Rahmat Wibowo, di Koba, Minggu (16/6).

BACA JUGA:Peternak Kambing Ini Banjir Pembeli, Sukses Kembangkan Usaha Berkat Pemberdayaan BRI

Ia menjelaskan, anggaran dana Rp3,4 miliar tersebut bersumber dari pos dana alokasi khusus (DAK) bidang air minum dan sanitasi.

“Pembangunan infrastruktur ini akan tersebar di beberapa desa dan dibangun dengan sistem swakelola," ujarnya.

Dia mengatakan, DPUTRP sudah berkontrak dengan kelompok masyarakat untuk pengerjaan infrastruktur air bersih dan sanitasi dengan sistem swakelola.

BACA JUGA:Tradisi Ziarah Kubur Terus Lestari

"Jadi masyarakat setempat yang akan melaksanakan pembangunan dengan pola swakelola," ujarnya pula.

Ia berharap sinergi seluruh pemangku kepentingan bersinergi dalam menyukseskan pembangunan air bersih dan sanitasi.

"Saat ini pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi sudah mencapai 96 persen dan tahun ini kami targetkan mencapai 100 persen," katanya pula.

BACA JUGA:Idul Adha Berbagi, PLN Distribusikan Daging Kurban ke Seluruh Indonesia

Adapun rincian alokasi dana pembangunan infrastruktur akses air minum dan sanitasi, yakni perluasan SPAM jaringan perpipaan desa kurau (DAK) sebesar Rp267 juta dengan output 34 sambungan rumah.

Kemudian perluasan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Kurau Barat (DAK) sebesar Rp667 juta dengan output 85 sambungan rumah, perluasan SPAM jaringan perpipaan Desa Romadhon (DAK) sebesar Rp185 juta dengan output 37 sambungan rumah (SR).

BACA JUGA:Baznas Babar Salurkan Bantuan Kepada 86 Mustahik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: