DPPP Basel Pastikan Stok Hewan Kurban Terkecukupi

DPPP Basel Pastikan Stok Hewan Kurban Terkecukupi

Salah satu lokasi penjualan hewan kurban di Basel.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memastikan stok hewan kurban di Basel stabil atau tercukupi.

Kabid Peternakan DPPP Basel Nurudin, menjelang Iduladha ini stok hewan kurban di Kabupaten Basel dipastikan aman dan stabil tanpa kekurangan.

"Kita sudah memastikan stok hewan kurban tercukupi di setiap Kecamatan di Basel," ucapnya, Kamis (13/06).

BACA JUGA:Pastikan Hewan Kurban Aman dan Sehat, DPPP Basel Turunkan Petugas Pantau

BACA JUGA:TP3SR Desa Rias Hasilkan Maggot, Baik Untuk Hewan Ternak

Berdasarkan data sampai dengan Rabu (12/6) pekan kemarin, stok hewan kurban sebanyak 793 ekor yang terdiri dari Sapi 516 ekor, dan kambing 277 ekor. Hewan kurban ini tersebar di enam kecamatan yakni Kecamatan Toboali sebanyak 219 ekor sapi dan 214 kambing. Sisanya ada di Kecamatan Airgegas, Pulau Besar, Payung, Simpang Rimba, dan Tukak Sadai.

Selain itu, sesuai arahan dari pusat estimasi kenaikan kebutuhan hewan kurban 5 persen dari jumlah pemotongan hewan kurban pada tahun 2023 lalu yakni sebanyak 567 sapi dan kambing 564. Lalu perkiraan kebutuhan hewan kurban pada hari raya Iduladha 2024 ini sebanyak 1.187 ekor yang terdiri dari sapi 595 ekor, dan kambing 592 ekor.

"Pada tahun ini perkiraan kebutuhan hewan kurban sekitar 595 ekor sapi, dan 592 ekor kambing," terangnya.

BACA JUGA:Target 78, Hewan Tervaksin Melebihi Target

BACA JUGA:Penjualan Hewan Kurban Menurun Drastis, Pedagang Akui Ekonomi Lagi Turun

Dikatakan Nurudin, selain stok, kesehatan hewan kurban juga menjadi perhatian mereka dengan menurunkan tujuh tim yang tersebar di 8 kecamatan. Pengecekan hewan kurban juga dilakukan setelah pemotongan untuk memastikan daging hewan kurban aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Masyarakat tidak perlu khawatir apabila nantinya mengkonsumsi daging hewan kurban, karena tim kesehatan hewan sudah melakukan pengecekan sebelum dan sesudah penyembelihan.

"Pengecekan kesehatan hewan kurban sangat penting untuk memastikan hewan kurban terbebas dari penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dan Penyakit Mulut serta Kuku sehingga layak untuk disembelih," pungkasnya.(*)

BACA JUGA:Stok Hewan Kurban di Basel Tercukupi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: