Dialog Ringan Ala Warkop, Diskominfo Babel Intensif Tingkatkan Literasi Kepada Generasi Muda

Dialog Ringan Ala Warkop, Diskominfo Babel Intensif Tingkatkan Literasi Kepada Generasi Muda

(Foto : Dok.Diskominfo Babel)--

//Sukseskan Pilkada Serentak Di Negeri Serumpun Sebalai 

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) intensif dalam meningkatkan literasi kepada generasi muda. Hal ini bertujuan untuk untuk mencegah dan memerangi berita bohong (hoaks) serta disinformasi terkait Pilkada. 

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Diskominfo Babel Sudarman dalam acara Dialog Ringan Ala Warung Kopi (Yuk Ngopi Luk) dengan tema Sukseskan Pilkada Serentak Di Negeri Serumpun Sebalai Tahun 2024 yang diselenggarakan TVRI Babel di Cafe Bang Jo & Resto, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Rabu (12/6) malam.

BACA JUGA:Mantan Bintang Inter Milan Jadi Pelatih Juventus

"Kegiatan ini menyasar pelajar SMA/SMK. Mereka kami libatkan secara aktif dalam meningkatkan kemampuan berliterasi di dunia digital agar mampu menentukan sikap tanpa terkontaminasi dengan hoaks atau informasi palsu," ujar Sudarman.

Hal ini dilakukan untuk memberikan semangat kepada anak muda sebagai generasi milenial agar lebih inovatif, kreatif, produktif dan berhati-hati terhadap konten yang ada di internet sebagai jejak digital, termasuk menyaring sebelum sharing informasi yang didapatkan.

BACA JUGA:Komitmen POLRI Tidak Anti Kritik Bertajuk

Selain itu, ia juga senantiasa mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berita atau informasi hoaks jelang Pilkada 2024. Karena menurutnya  penyebaran informasi yang tidak benar atau hoaks dapat memicu konflik, memecah belah persatuan, dan merugikan proses demokrasi yang seharusnya berjalan dengan baik dan damai.

BACA JUGA:Pencari Kerja Merapat! BRI Kembali Buka 3 Program Rekrutmen Pekerja

"Maka kewaspadaan dan kecermatan dalam menyaring informasi yang diterima sangat penting untuk menghindari penyebaran berita palsu yang dapat merugikan masyarakat dan proses demokrasi secara keseluruhan," jelasnya.

Sampai saat ini Diskominfo Babel rutin melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai cara mengidentifikasi berita hoaks, yang diinformasikan baik melalui kanal resmi pemerintah, media online, media elektronik, hingga sosial media.

BACA JUGA:Akademisi Apresiasi Reflikasi Inovasi Gerbang Lestari di Wilayah

Selain diskusi yang dihadiri unsur Forkopimda Babel, Pj Walikota Pangkalpinang, hingga instansi vertikal, acara ini juga diselingi dengan kegiatan pisah sambut Kepala TVRI Babel dari Sriwidayat kepada Emirizon. 

Sudarman berharap sinergi yang telah berjalan dengan baik ini tetap bisa dijaga bersama. Karena Ia percaya kepada kepala TVRI Babel yang baru, Emirizon mampu melanjutkan tugas-tugas dan kepemimpinan di TVRI Babel dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: