Tips 10 Cara Membuat Kuku Tetap Sehat

Tips 10 Cara Membuat Kuku Tetap Sehat

Ilustrasi kuku--Foto: ist

BABELPOS.ID - Kuku merupakan salah satu bagian dari tubuh yang dapat menunjang penampilan seseorang.

Oleh sebab itu kuku yang rapuh dan cepat rusak dapat membuat cemas sebagian orang karena mengganggu penampilan mereka. Kendati demikian, perubahan kebiasaan gaya hidup dan nutrisi dapat membantu memperkuat kuku.

Berikut adalah 10 kiat yang bisa Anda lakukan untuk membantu memperkuat kuku dalam waktu singkat, seperti dikutip dari laman Healthline pada Selasa (4/6).

1. Konsumsi suplemen biotin

Biotin yang juga dikenal sebagai vitamin H dan vitamin B7, dapat membantu memperkuat rambut dan kuku, serta membantu sistem saraf tubuh berfungsi dengan baik.

Sebagai jenis vitamin yang mudah larut dalam air, biotin tidak disimpan oleh tubuh sehingga Anda perlu mengonsumsinya setiap hari.

Selain melalui suplemen, biotin bisa ditemukan dalam makanan seperti sarden, telur matang dan kacang-kacangan.

BACA JUGA:Efektif Sabun Batang atau Cair?

BACA JUGA:Penting Kamu Ketahui: 6 Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan

2. Minimalisir paparan terhadap air

Terlalu banyak berendam dalam air dapat menyebabkan kuku menjadi lemah dan rapuh. Kenakan sarung tangan saat mencuci piring, mengingat sabun cuci piring memiliki kandungan yang tidak hanya membuat kulit tangan menjadi kering, namun juga dengan mudah dapat merusak kutikula kuku sehingga membuatnya rapuh.

3. Tetap terhidrasi

Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan, tidak terkecuali untuk mempertahankan kelembapan dan kekuatan kuku. Tanpa kelembapan yang cukup, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan terkelupas.

4. Perhatikan asupan dan pola makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara