Jenderal Purn B di Pusaran Korupsi Timah itu ...

Jenderal Purn B di Pusaran Korupsi Timah itu ...

Jampidsus Kejagung RI Febrie Adriansyah-Dok-

BABELPOS.ID.- Setelah 6 bulan berjalannya pengusutan Tipikor tata niaga timah 2015-2022, selama 4 bulan terakhir sederet sosok misterius dimunculkan oleh pihak-pihak yang seperti tahu banyak soal pertimahan.  Setidaknya, 8 inisial artis, ditambah 1 jenderal mengemuka. 

Faktanya, semuanya raib Bersama Waktu.  Termasuk peran jenderal yang disebut-sebut itu.

Informasi sosok purnawirawan bintang empat pertama kali diungkap Sekretaris Pendiri Indonesia Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus. Namun, sudah dapat ditebak, sosok itu demikian umum, sehingga tidak bisa diarahkan kepada sosok-sosok yang 'masih' ada.

BACA JUGA:Tipikor Timah, Kejagung Periksa Pula 2 Pemilik PT SBS

Iskandar tidak memberikan detail lebih lanjut mengenai identitas sosok tersebut.

Menurut Iskandar, sosok bintang empat yang dimaksud adalah pensiunan aparat berseragam, yang pangkatnya merujuk pada Jenderal dalam institusi kemiliteran dan kepolisian. Sosok ini diduga menjadi pelaku praktik korupsi terkait pertambangan timah.

Iskandar mengungkapkan bahwa korupsi ini pasti mendapat dukungan dari pihak lain, yang memiliki pengaruh, kewenangan, serta kekuasaan dalam berbagai hal, termasuk pertahanan.

BACA JUGA:Tipikor Timah, Kejagung Periksa Asisten Pribadi Sandra Dewi

"Mereka berseragam dengan pangkat yang tinggi, bahkan bisa mencapai hingga bintang empat, tiga, atau dua. Sejak tahun 2015, telah tercium adanya keterlibatan oknum dari kepolisian, angkatan laut, serta bea cukai yang berkolaborasi untuk melancarkan aksi pencurian ini," ujar Iskandar dalam wawancara yang dikutip dari siaran YouTube Uya Kuta TV pada tanggal 16 April 2024.

Di sisi lain, pihak Jampidsus Kejagung RI, Febrie Adriansyah menyatakan, pihaknya masih mendalami kasus korupsi PT Timah dengan berdasarkan alat bukti yang ada.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: