BNPT Ajak Tokoh Muda Agama di Bangka Gembira Beragama

BNPT Ajak Tokoh Muda Agama di Bangka Gembira Beragama

Kegiatan Gembira Beragama yang digelar BNPT dan FKPT Babel di Kabupaten Bangka. --Foto: Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengajak masyarakat Kabupaten Bangka mencegah gerakan radikal terorisme dengan bangga bernegara dan beragama melalui kegiatan "Gembira Beragama" -Gerakan Muda Bangga Bernegara dan Beragama-, di Grha Maras, Kantor Bupati Bangka, Rabu (29/5).

Acara yang diikuti puluhan generasi muda agama Kabupaten Bangka ini ikut dihadiri Anggota DPRD Bangka, dr Zahrir Khifarri, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Politik dan Pemerintahan, Restunemi SH, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Boy Yandra S.KM MPH, Kepala Badan Kesbangpol Bangka, Romlan Ardi, dan jajaran Forkopimda Bangka.

Mewakili Bupati Bangka, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Politik dan Pemerintahan, Restunemi, yang membuka kegiatan, mengucapkan terima karena FKPT Provinsi Bangka Belitung menjadikan Kabupaten Bangka sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Gembira Beragama.

"Kegiatan Gembira Beragama, kami nilai sangat penting dan strategis, dalam rangka menjaga kesatuan dan persatuan NKRI," ucapnya. 

BACA JUGA:Kenduri Desa Damai, BNPT - FKPT Babel Tangkal Radikalisme Lewat Nganggung di Baturusa

BACA JUGA:Cara Asik BNPT Dekati Anak Muda Maluku Lewat Festival Musik

Ia mengingatkan agar kita harus selalu memegang teguh, apa yang menjadi pedoman dalam kehidupan kita bernegara dan berbangsa.

"Tentunya semuanya masih ingat bahwa tanggal 1 Juni 2024 nanti, kita akan memperingati hari lahir Pancasila, dan kita semua pasti masih ingat apa isi lima sila Pancasila tersebut, sebagai dasar negara Republik Indonesia," ujarnya.

Dikatakan Restunemi, kegiatan Gembira Beragama mengajak semuanya tidak patah semangat, dalam menciptakan kedamaian dan kekompakan dalam kehidupan beragama, berbangsa, menjadi salah satu modal dalam mewujudkan kedamaian di Indonesia terkhusus di Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Kepala BNPT: Mekanisme Kontrol Rumah Ibadah, Harus Melibatkan Masyarakat Sekitar

BACA JUGA:Lewat KARAKTER ID, BNPT Ajak Pemuda di Jatim Sebar Pesan Damai

Sementara, Ketua FKPT Provinsi Bangka Belitung, Sri Wahyuni mengatakan dalam rangka melibatkan para pemuda dalam pencegahan radikalisme dan terorisme, FKPT Babel Provinsi mengelar kegiatan Gerakan Muda Bangga Bernegara dan Beragama atau Gembira Beragama. Kegiatan seperti ini rutin diselenggarakan FKPT. 

"Terkait bidang agama, kita mengusung tema Gembira Beragama, dengan mengundang para tokoh agama, tetapi yang diutamakan tokoh pemuda, organisasi masyarakat sehingga nanti juga bisa menyampaikan kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing, terkait bahaya radikalisme dan terorisme," jelasnya.

Kegiatan Gembira Beragama diisi dengan pemaparan materi terkait potret keberagaman masyarakat Bangka Belitung oleh Guru Besar Bidang Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddiq Bangka Belitung, Prof DR Janawi M.Ag dan pemateri dari BNPT Anis Masykur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: