BPMP Babel dan UPT serta PTN Kemdikbudristek Resmi Buka Pameran Merdeka Belajar, Merdeka Berbudaya 2024

BPMP Babel dan UPT serta PTN Kemdikbudristek Resmi Buka Pameran Merdeka Belajar, Merdeka Berbudaya 2024

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG -  Dalam rangka puncak acara memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei tahun 2024,  Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi  Republik Indonesia menunjuk Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai koordinator pelaksanaan Pameran bulan Merdeka Belajar, dengan tema lanjutkan Merdeka Belajar. Pameran yang dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Pameran Merdeka Belajar Merdeka Berbudaya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 28 – 30 Mei 2024.

BACA JUGA:Menu Latihan Timnas Berat, 2 Pemain Cedera

Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan UPT Kemdikbudristekdikti lainnya yakni Balai Guru Penggerak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V, Universitas Bangka Belitung dan Politeknik Manufaktur Bangka Belitung. 

Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Guritno Wahyu Wijanarko melalui Desyana selaku Kepala Subbagian Umum BPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, disela-sela pembukaan kegiatan, Selasa,(28/05/2025).

BACA JUGA:BPJN Babel : Dana Inpres Jalan Daerah Mengecil, Nyangkut Pula di Kemenkue

 Pelaksanaan kegiatan ini di pusatkan di halaman Rumah Residen Walikota Pangkalpinang dan  Wihelmina Park Pangkalpinang. Karena lokasi ini merupakan cagar budaya yang di lindungi. 

Acara ini buka secara resmi oleh Pj. Walikota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan melalui Plt. Asisten Pembangun Perekonomian Rakyat  Kota Pangkalpinang, Juhaini.

BACA JUGA:Jaksa Agung Sebut Kerugian Tipikor Timah Rp 300 Triliun, Pekan Depan Masuk Pengadilan!

“Dengan melaksanakan pameran ini di lokasi ini, semoga juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kita menjaga cagar budaya dan merawat sejarah bangsa,” ujar Desyana.

Kegiatan ini dirangkaian dengan gebyar gerakan sekolah sehat bersama Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadim Makarim, menyapa melalui video conference. Dilanjutkan dengan senam sehat dan sarapan sehat dan pembukaan pameran.

BACA JUGA:Kejati Babel dan Babel Pos Siap Sinergi Dukung Kinerja Pelayanan Media dan Kehumasan Berimbang

Merdeka belajar merupakan sebuah program  kebijakan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia untuk memulihkan pembelajaran yang ada di Indonesia pasca pandemi covid-19  yang saat itu juga menyebabkan terjadinya krisis pembelajaran. Program merdeka belajar ini telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi khususnya Bangka Belitung.

Terkait kebudayaan BPMP Babel juga bekerjasama dengan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V yang membawahi Provinsi Jambi dan Bangka Belitung dalam pameran ini juga menampilkan berbagai koleksi warisan budaya dan  objek-objek kemajuan kebudayaan.

BACA JUGA:BPJN Babel : Dana Inpres Jalan Daerah Mengecil, Nyangkut Pula di Kemenkue

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: