Pj Gubernur Safrizal Dukung Program USAID KOLEKTIF Kemen KP

Pj Gubernur Safrizal Dukung Program USAID KOLEKTIF Kemen KP

IST/Dokumentasi Diskominfo Babel--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemen KP) melakukan kunjungan kerja ke Bangka Belitung untuk melaksanakan audiensi dengan Penjabat Gubernur Babel, Safrizal, ZA pada Senin (27/5/2024).

Bertempat di Rumah Dinas Gubernur, perwakilan Kemen KP datang membawa pembahasan terkait Program United State Agency for International Development Konservasi Laut Efektif (USAID KOLEKTIF). Hal tersebut disambut baik Pj Gubernur yang didampingi Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kep. Babel, Agus Suryadi.

BACA JUGA:Congrats! Toko Salam Jaya Manggar Raih BSB Lur Award

Diakui Safrizal, bahwa dirinya tertarik hal yang dibahas pada audiensi ini, yaitu mengenai pemanfaatan area konservasi laut yang bekerjasama dengan Kemen KP. Dimana program tersebut sangat bemanfaatan bagi ruang konservasi, penguatan masyarakat sekitar kawasan konservasi, pembinaan kemampuan kapasitas untuk pengelolaan konservasi dan sebagainya.

"Program ini akan diterapkan di lima provinsi di Indonesia ini. Di kita (Babel) sudah menetapkan lima kawasan konservasi yakni tiga di Bangka dan 2 di Belitung, hanya saja belum dikelola secara maksimum atau profesional yang bisa menghasilkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah daerah," jelasnya.

BACA JUGA:ERZALDI DARI RAKYAT UNTUK BABEL

Oleh sebabnya, ia sangat mendukung program tersebut, yang berjalan baik di Papua Barat dan memberikan manfaatnya. 

"Tentunya kita juga akan ikut," ungkap Safrizal.

Sebelumnya, Wakil Direktur Kelautan Perikanan Kemen KP, Firdaus menuturkan, besar harapan pihaknya agar Babel juga mendukung program tersebut. USAID KOLEKTIF sendiri merupakan lembaga bantuan internasional yang berfokus pada area konservasi laut.

BACA JUGA:Terima Audiensi Watannas RI, Pj Gubernur Safrizal Harapkan Kebijakan Atasi Kesulitan di Babel

"Salah satu tujuannya yakni dalam rangka memperkuat kapasitas pengelolaan yang kompeten, SDM hingga berkelanjutan. Keberadaan kawasan ini juga bisa memberi manfaat untuk masyarakat," jelasnya.

Penulis : Irnawati

Fotografer: Umar

Editor : Lulus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: