Triwulan Pertama 2024, Ekonomi Babel Tumbuh 1,01 Persen

Triwulan Pertama 2024, Ekonomi Babel Tumbuh 1,01 Persen

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung --

BI: Kedepan Ekonomi Tumbuh Lebih Tinggi

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Badan Pusat Statistik merilis pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada triwulan I 2024. Hasilnya, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung triwulan I 2024 tumbuh 1,01% (yoy), lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 4,00% (yoy). 

BACA JUGA:Puluhan Warga Binaan Lapas Narkotika Pangkalpinang Dibekali Sosialisasi Pencegahan Paham Intoleran

Dari sisi Lapangan Usaha (LU), pertumbuhan ekonomi Prov. Kep. Bangka Belitung pada Tw I 2024 didorong oleh kinerja LU utama yaitu LU Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan. LU Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan tumbuh 5,28% (yoy), lebih tinggi dibandingkan Tw sebelumnya yang terkontraksi 1,28% (yoy). 

Adapun pertumbuhan kinerja LU Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan utamanya dipengaruhi oleh meningkatnya produksi perikanan. Selain itu, produksi perkebunan tahunan juga turut mengalami peningkatan, antara lain produksi kelapa sawit, lada, dan karet. 

BACA JUGA:12 Mei Batas Akhir Penyerahan Syarat Calon Perseorangan Pilkada Beltim

Sementara itu, LU Pertambangan dan Penggalian terkontraksi 10,09% (yoy), melanjutkan kontraksi pada Tw sebelumnya sebesar 1,34% (yoy). Searah dengan LU Pertambangan, LU Industri Pengolahan terkontraksi 4,99% (yoy), menurun dibandingkan Tw sebelumnya yang tumbuh 3,08% (yoy). Subkategori industri logam dasar yang ditopang oleh logam timah mengalami penurunan cukup dalam seiring terkendalanya perolehan bahan baku bijih timah. 

Kondisi ini turut dipengaruhi oleh RKAB smelter timah yang belum terbit seluruhnya pada Februari 2024. 

BACA JUGA:Singkirkan PSG, Dortmund ke Final Liga Champions, Ini Komentar Kedua Pelatih

Namun demikian, kinerja pertumbuhan industri makanan dan minuman (industri minyak kelapa sawit/CPO) menahan perlambatan LU Industri Pengolahan lebih lanjut.  

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Prov. Kep. Bangka Belitung ditopang oleh pertumbuhan seluruh kelompok pengeluaran, kecuali PMTB dan ekspor impor. 

BACA JUGA:Pimpin Rapat, Ketua TP PKK Safriati Safrizal : Persiapkan Sampai Detail

Konsumsi Rumah Tangga tumbuh 4,93% (yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan Tw sebelumnya sebesar 4,35% (yoy). Kinerja konsumsi Rumah Tangga ditopang oleh peningkatan konsumsi masyarakat dalam rangka momentum Pemilu, bulan Ramadhan, menjelang HBKN Idul Fitri, dan perayaan keagamaan lainnya seperti Tahun Baru Imlek serta perayaan Cheng Beng. 

BACA JUGA:Singkirkan PSG, Dortmund ke Final Liga Champions, Ini Komentar Kedua Pelatih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: