Kecamatan Bakam Bantu Warga Kurang Mampu Lewat Program Gamis

Kecamatan Bakam Bantu Warga Kurang Mampu Lewat Program Gamis

Penyaluran Bantuan dari kecamatan Bakam Melalui Program GAMIS (Gerakan Membantu Masyarakat Miskin).--

BABELPOS.ID, BAKAM - Kecamatan Bakam memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu lewat program gerakan membantu masyarakat miskin (Gamis). Program Gamis yang telah digulirkan beberapa waktu lalu oleh Kecamatan Bakam ini bertujuan memberi perhatian kepada masyarakat yang nasibnya kurang beruntun serta berada di bawah garis kemiskinan.

BACA JUGA:Hati-hati! Ini Resiko Vape Bagi Remaja

Camat Bakam, Ridwan menjelaskan masyarakat sasaran program Gamis merupakan masyarakat yang tidak seimbang antara pemasukan dan pengeluaran kebutuhan hidup. Selain itu, pekerjaan yang serabutan ditambah kebutuhan semakin hari semakin tinggi serta sedang tertimpah musibah sakit berkepanjangan.

"Sehingga bertambahnya beban yang dirasakan oleh masyarakat kita yang sedang membutuhkan dan tidak fokus dalam mencari nafkah sehari-hari," kata Ridwan kepada wartawan, Senin (6/5).

BACA JUGA:Oppo A60 Pakai Snapdragon 680, Kamera 50 MP, Harganya?

Penerima bantuan Gamis pun kerap dalam kondisi tidak fokus mencari nafkah karena harus berbagi waktu untuk menjaga anak atau keluarga yang lagi sakit. Oleh karena itu Kecamatan Bakam melakukan inisiasi program Gamis untuk membantu masyarakat  yang tertimpa musibah,  sakit, keluarga tidak mampu dan lainnya. 

BACA JUGA:Lewat Electrifying Marine, PLN Bantu Nelayan Bangka Belitung Pangkas Biaya Operasional Melaut

"Dengan program Gamis ini Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Kecamatan Bakam melakukan gerakan gotong-royong. Program Gamis ini dilakukan dengan pola patungan seluruh pegawai Kecamatan Bakam dan langsung disalurkan kepada masyarakat Kecamatan Bakam yang sedang membutuhkan," jelasnya.

BACA JUGA:Karena Ini, Laga Indonesia Vs Guinea Tanpa Penonton

Upaya ini diharap mengurangi beban masyarakat di Kecamatan Bakam yang tertimpa musibah. Pada tahun 2024 ini sudah tiga masyarakat yang sudah menerima bantuan dari program Gamis.

Baru-baru ini bantuan diberikan kepada Muhtaling Fahur, bayi usia dua bulan warga Desa Tiangtarah yang menderita kelainan jantung.

BACA JUGA:Terjadi Gangguan Kamtibmas di Pangkalpinang, Masyarakat Bisa Lapor Polisi di Nomor Ini

Ia mengingatkan peran serta RT, kepala dusun dan kepala desa sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi dan memantau keadaan masyarakat di sekitar wilayahnya. Jadi, ketepatan dalam data dan informasi serta kecepatan dalam memberikan pelayanan bantuan mewujudkan Kecamatan Bakam jadi ASIK atau Aspiratif, Solutif, Inovatif dan Kreatif.

BACA JUGA:Mahasiswa Dikeroyok Sejumlah Pemuda di Jalan Pulau Pelepas, Para Pelaku Diburu!

Pihaknya berterimakasih kepada pihak terkait di Kecamatan Bakam yang terlibat  dan sudah proaktif dalam melakukan kegiatan bantuan sosial kemasyarakatan. Program Gamis ini ia minta terus berjalan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kecamatan Bakam yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: