DKP Babel Latih Anggota Pokmaswas Tangani Mamalia Laut Terdampar

DKP Babel Latih Anggota Pokmaswas Tangani Mamalia Laut Terdampar

Pelatihan Penanganan Mamalia Laut Terdampar Kepada 30 Anggota Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) Oleh DKP Provinsi Kep.Bangka Belitung --

BABELPOS.ID, BANGKA - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih 30 orang anggota Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) dalam menangani dan memberikan pertolongan pertama pada mamalia laut terdampar, Kamis (2/5/2024). 

Kepala DKP Babel Agus Suryadi menyebutkan, pihaknya berupaya untuk terus meningkatkan kompetensi anggota kelompok masyarakat pengawas. 

BACA JUGA:Kejagung Periksa Ibu Rumah Tangga, Terkait Tipikor Timah?

"Bagi kami di Dinas Kelautan dan Perikanan, nelayan dan masyarakat pesisir yang tergabung sebagai anggota Pokmaswas ini merupakan partner dalam pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan, oleh karenanya ibarat pisau, partner kerja kami ini perlu diterus diasah kemampuannya, di-update informasi terkait peraturan terbaru karena dinamika kebijakan yang terus berubah sebagai contoh larangan alat kebijakan penangkapan terukur nelayan kita harus mengetahui dan mulai ikut mengimplementasikannya juga," ujar Agus di Pantai Tikus Emas, Sungailiat Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Hari Jadi Desa Melabun ke 12, Digelar Jalan Sehat dan Hiburan Musik

Dalam upaya memperkaya wawasan dan pengetahuan anggota Pokmaswas, DKP terus memberikan pelatihan teknis salah satunya yaitu  bagaimana menangani dan memberikan pertolongan pertama biota laut terdampar seperti penyu, ikan lumba-lumba dan dugong yang pernah tercatat beberapa kali terdampar di pesisir Pulau Bangka. 

Dalam pelatihan ini DKP Babel bekerjasama dengan LPSPL Serang  Kementerian Kelautan dan Perikanan.

BACA JUGA:Rekrutmen PKK Kecamatan di Bateng Resmi Ditutup, KPU Terima 114 Orang Pendaftar

Ia menambahkan, tak hanya pelatihan DKP juga akan berupaya memberikan prasarana untuk Pokmaswas seperti perahu pengawas namun dengan mempertimbangkan prioritas  

Dalam kesempatan yang sama Kabid Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, Subeki menyebutkan saat ini terdapat 97 kelompok Pokmaswas yang menjadi perpanjangan tangan DKP dalam pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan. 

BACA JUGA:3 Figur Potensial Sudah Mengambil Formulir, Partai Demokrat Basel Yakin Menang Pilkada

"Total ada 97 kelompok, sementara jumlah yang aktif mencapai 63 kelompok harapannya semua bisa aktif mengingat keterbatasan SDM pengawas perikanan yang ada di DKP Babel," ungkap Subeki.

Sementara itu Madi, Sekretaris Pokmaswas Tanjung Bunga Pangkalpinang mengungkapkan kebanggannya menjadi anggota Pokmaswas. 

BACA JUGA:Dukung Timnas U-23, Optimis Lolos Olimpiade

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: