Rawabangun Terendam, Pemkab Basel, Kodim dan Sat Polairud Langsung Turun

Rawabangun Terendam, Pemkab Basel, Kodim dan Sat Polairud Langsung Turun

Personel Kodim, Satpolair Polres Basel dan Tagana membantu korban banjir Rawabangun. --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Daerah Rawabangun Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengalami kebanjiran yang diakibatkan hujan deras selama kurang lebih 3 jam, sehingga puluhan rumah warga terendam air.

Merespon bencana ini Pemkab Basel langsung memerintahkan kepada Damkar Basel, Tagana serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk ke lokasi bencana tersebut.

Ikut turun jajaran Kodim/0413 Basel serta Sat Polairud Polres Basel dengan tanggap menuju lokasi bencana membantu warga.

Kasat Polairud Polres Basel AKP Eddi Suaidi menyampaikan, pihaknya menurunkan sejumlah personel untuk membantu warga Rawabangun terdampak banjir yang diakibatkan oleh hujan deras selama 3 jam.

"Kita bersama Pemkab Basel, Kodim, Damkar, Tagana langsung bergerak cepat membantu warga yang rumahnya kebanjiran," ujarnya, Minggu (28/04).

BACA JUGA:Musim Hujan Jalan Jadi Licin, Ini Himbauan Kasat Lantas Polres Basel

Banjir merendam Rawabangun pagi hari sekitar pukul 07.00 setelah hujan lebat hampir semalaman. Air merendam sebatas mata kaki orang dewasa.Terdapat 3 rumah yang berada di dataran rendah terendam hingga selutut orang dewasa.

"Pada musibah ini terdapat 3 rumah yang ketinggian airnya mencapai selutut orang dewasa, tetapi kesigapan semua pihak akhirnya air tersebut kita sedot dengan mesin Robin dan sekarang sudah selesai," ucapnya.

BACA JUGA:Musim Hujan Jalan Jadi Licin, Ini Himbauan Kasat Lantas Polres Basel

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Basel Gitto Arsyad mengatakan, DLH diintruksikan untuk mengecek selokan air  guna memastikan apakah ada sampah yang menyumbat.

"Kita memang diintruksikan untuk mengecek di selokan air apakah ada sampah yang menyumbat, sehingga membuat volume air cepat naik karena tidak bisa mengalir," jelasnya.

Pihaknya juga turut membersihkan sepanjang selokan air dari sampah - sampah agar tidak menyumbat, sehingga saluran pembuangan air ini bisa mengalir dengan aman.

BACA JUGA:Hujan Empat Jam, Ratusan Rumah Terendam

Gitto mengapresiasi respon cepat jajaran Polres Basel, Kodim, Tagana Basel dan BPBD sehingga banjir ini bisa teratasi dengan cepat serta ikut membantu membersihkan rumah warga dari lumpur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: