Sebanyak 182 Casis Polri Lolos Verifikasi Administrasi di Polres Basel

Sebanyak 182 Casis Polri Lolos Verifikasi Administrasi di Polres Basel

Tes administrasi Casis di Polres Basel.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Proses seleksi administrasi Calon Siswa (Casis) Polri yang dilakukan oleh Polres Bangka Selatan (Basel) telah usai.

Hasilnya, sebanyak 182 Casis lolos verifikasi administrasi seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri Tahun 2024. Sisanya 38 Casis tidak lolos dari total keseluruhan 220 Casis yang mengikuti seleksi.

Kapolres Basel AKBP Trihanto Nugroho melalui Kabag SDM Polres Basel Kompol Heriyanto mengungkapkan, penerimaan anggota Polri secara terpadu Taruna Akademi Kepolisian, Bintara dan Tamtama, sudah selesai tahapan pemeriksaan administrasi awal.

"Tercatat dari 220 peserta yang ikut seleksi terdapat 182 peserta yang lolos dan 38 dinyatakan tidak lolos verifikasi Administrasi," ujarnya, Jum'at (26/05).

BACA JUGA:Polres Basel Siap Menerima Pendaftaran Casis Anggota Polri

BACA JUGA:Jelang akhir OPS Ketupat Menumbing 2024, Polres Basel Maksimalkan Pos pengamanan dan Pelayanan

Pada proses verifikasi ini Polres hanya menyeleksi Bintara dan Tamtama, sedangkan untuk Taruna Akpol langsung proses seleksinya di Polda Babel.

Selain itu, dalam pemeriksaan administrasi awal ini Polres Basel melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Basel, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Basel serta Kemenag Basel untuk melakukan pemeriksaan ijasah lulusan Madrasah Aliyah. 

"Polres Basel juga melibatkan pengawas eksternal dan internal, selain dari OPD yang terkait di Pemkab Basel," terangnya.

Dijelaskannya, pemeriksaan administrasi awal dibagi dalam dua tahap yaitu tahap pertama untuk Bintara sebanyak 214 orang pada tanggal 23 sampai 24 April 2024 , sedangkan tahap kedua untuk Tamtama sebanyak 18 orang pada tanggal 25 April 2024 kemarin.

Kendati para Casis sudah lulus diverifikasi  administrasi, namun nantinya saat berada di Polda Babel mereka tetap masih melalui proses seleksi lagi yakni bersaing dengan seluruh Casis yang ada di seluruh Polres di bawah jajaran Polda Babel.

"Kami menghimbau kepada seluruh Casis serta orang tua agar tidak memercayai terhadap siapapun yang menjanjikan bisa membantu meluluskan anaknya menjadi anggota Polri, lebih baik siapkan diri dengan belajar, berlatih, dan tidak lupa berdoa, karena masuk Polri ini tidak dipungut biaya alias gratis," pungkas Kompol Heriyanto.(*)

BACA JUGA:Polres Basel Turunkan Personel Amankan Malam Takbiran Keliling di Toboali

BACA JUGA:Cek Pos PAM dan Pos Yan OPS Menumbing 2024, Ini Pesan Kapolres Basel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: