UBB dan BPS Babel Tandatangani MoU

UBB dan BPS Babel Tandatangani MoU

Ist--

BABELPOS.ID, BALUNIJUK - Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Belitung (Babel) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Statistik dalam rangka Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Proses penandatangan MoU oleh Rektor UBB Prof Dr Ibrahim dan Kepala BPS Babel Toto H Silitonga berlangsung di ruang Balai Besar Peradaban Kampus Terpadu UBB Balun Ijuk, Kabupaten Bangka, Rabu (24/4).

BACA JUGA:Kembali Dukung PEVS, PLN Perkuat Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Kerja sama ini merupakan upaya untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki UBB dan BPS Babel untuk mengembangkan kerja sama pemanfaatan data statistik dalam mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta program Kampus Merdeka.

BACA JUGA:Kasus Tanam Pisang Tumbuh Sawit, Giliran Sekda Bangka Andi Hudirman Diperiksa Kejati

Rektor UBB Prof Dr Ibrahim menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan "pernikahan" antara ilmu pengetahuan dengan terapan atau praktisi, yang harapkan ke depannya kerja sama ini dioptimalkan untuk penggunaan dan pemanfaatan data statistik dan informasi untuk mengembangkan keilmuan sehingga bisa memberikan sumbangsih bagi Pemerintah dalam hal pengembangan perencanaan dan evaluasi kebijakan bagi pembangunan daerah.

"Para decision maker memerlukan data, statistik, dan kajian yang kuat karena tanpa perencanaan dan analisa yang berdasarkan data, maka kebijakan yang dihasilkan kurang tepat sasaran," jelas Rektor.

BACA JUGA:Ini Jadwal Pelantikan 467 P3K Basel Tahun 2023

Sementara Kepala BPS Babel Toto H. Silitonga, menyampaikan 4 layanan utama BPS, yaitu: Layanan Perpustakaan, Penjualan Produk Statistik, Konsultasi Statistik, dan Rekomendasi Statistik. Seluruh layanan ini bisa didapatkan secara offline dan online, baik melalui website babel.bps.go.id dan pst.bps.go.id, maupun melalui whatsapp di nomor 0811-7816-340. 

BACA JUGA:PBSI Babel Kirim Dua Pelatih Magang di Pelatnas

Bagi para mahasiswa dan akademisi UBB, BPS Babel juga menyediakan layanan konsultasi data BPS melalui Pojok Statistik yang ditempatkan di Perpustakaan UBB dengan bantuan para Agen Statistik yang merupakan mahasiswa UBB yang diberikan pelatihan (capacity building) sehingga dapat membantu para mahasiswa dalam melakukan konsultasi statistik, baik untuk kebutuhan skripsi maupun tugas kuliah lainnya.

BACA JUGA:Tawarkan Komik Digital, Perpustakaan 4 Lantai Bateng Mulai Ramai Dikunjungi

Selain konsultasi statistik, layanan BPS Babel lainnya adalah penjualan produk statistik. Produk statistik yang diperjualbelikan antara lain data mikro, peta digital, dan publikasi cetak dan digital. Namun, untuk kebutuhan penelitian, akademisi dan mahasiswa sebagai konsumen data dapat memperoleh layanan 0 rupiah atau gratis.

"Ini merupakan komitmen BPS untuk memaksimalkan penggunaan data yang dihasilkan BPS bagi kemajuan bangsa," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: