Tips Perencanaan Keuangan dan Penganggaran Bulan Ramadan

Tips Perencanaan Keuangan dan Penganggaran Bulan Ramadan

Wenni Anggita--Foto: ist

Oleh: Wenni Anggita, S.E.,M.Si

Dosen FEB Universitas Bangka Belitung

_____________________________________

Bulan Ramadan tidak hanya merupakan periode untuk ibadah dan introspeksi rohani, melainkan juga momen ideal untuk bijak dalam mengatur keuangan. Melalui perencanaan finansial dan penganggaran yang cermat, bulan suci ini dapat dijadikan untuk memperkokoh dasar ekonomi keluarga.

Berikut ada beberapa tips dalam perencanaan dan penganggaran selama Bulan Suci Ramadan:

Menentukan Anggaran; mulailah dengan menentukan total anggaran dan alokasikan untuk Bulan Ramadan. Jangan lupa mempertimbangkan pengeluaran rutin bulanan dan tambahkan anggaran khusus untuk kebutuhan Bulan Ramadan seperti belanja bahan makanan untuk sahur, buka puasa, zakat, fitrah, serta sedekah lainnya.

BACA JUGA:Pergerakan Roda Ekonomi dan Bisnis Bulan Ramadan

Prioritas Pengeluaran; utamakan pengeluaran untukkebutuhan dasar dan ibadah. Belanjakan uang anda untuk makanan, minuman dan keperluan ibadah terlebih dahulu. Hindari pembelian impulsif yang tidak direncanaka, yang dapata mengganggu anggaran anda.

Catat Pengeluaran; setiap pengeluaran selama Bulan Ramadhan jangan lupa mengendalikan keuangan, hal tersebut membantu anda melihat untuk melihat kemana uang anda digunakan serta mengidentifikasi area bisa menghemat.

BACA JUGA:Metaverse dan Tantangan Bagi Generasi Alpha

Promo dan Diskon dimanfaatkan: saat Bulan Ramadan sering diiringi dengan berbagai promo dan diskon dari berbagai toko atau platform belanja online. Manfaatkan penawaran untuk dapat menghemat pengeluaran, tetapi pastikan untuk tetap elanja sesuai kebutuhan dan anggaran yang telah ditetapkan.

Dana Darurat Persiapkan; Selalu siapkan dana untuk kejadian tak terduga, walaupun ini bulan penuh berkah tidak ada yang tahu apa yang mungkin terjadi. Memiliki dana darurat dapat mencegah keharusan mengutang atau menggunakan uang seharusnya untuk kebutuhan lain.

Investasi; Bulan Ramadan dapat menjadi waktu yang baik untuk berpikir investasi jangka panjang. Menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk tabungan jangka panjang yang dapat mengamankan keuangan masa depan keluarga. 

BACA JUGA:Bulan Ramadan, Belajar Lancar Pahala Mengalir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: