Tak Beroperasi, Banyak Smelter Rumahkan Karyawan

Tak Beroperasi, Banyak Smelter Rumahkan Karyawan

Elius Gani --Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Merosotnya perekonomian Bangka Belitung (Babel) kian mengkhawatirkan. Hal ini terjadi karena adanya turbulensi pada sektor pertimahan.

Dampaknya, banyak industri pertimahan yang tak berjalan hingga saat ini mengancam keberlangsungan hajat hidup para pekerja di sektor tersebut. Dan dapat dipastikan pintu pengangguran di Babel akan terbuka lebar.

Kekhawatiran itu pun dirasakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, bahkan beberapa laporan pemutusan hubungan kerja (PHK) sudah diterima oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) yang disebabkan tak beroperasinya perusahaan smelter.

BACA JUGA:Didemo Karyawan Karena Mutasi Modus PHK, Ini Penjelasan Manajemen Rumah Sakit Medika Stania

BACA JUGA:Mutasi Dinilai Modus PHK, Pegawai Rumah Sakit Medika Stania Demo Manajemen

Dibeberkan Kepala Disnaker Babel Elius Gani, dari laporan yang masuk ke pihaknya sebagian ada beberapa pekerja yang dirumahkan dan PHK, namun belum signifikan.

"Ade beberapa di-PHK namun belum begitu banyak, tapi pada prinsipnya smelter operasional tidak berjalan artinya pegawainya ada yang dirumahkan," kata Elius, Selasa (26/3).

Elius mengakui, sekitar ratusan karyawan yang dirumahkan dampak tidak beroperasinya smelter ini. 

"Lebih kurang seperti itu, karena beberapa memang sementara operasionalnya disetop dulu. Untuk PHK mereka laporan, tapi untuk dirumahkan mereka masih bekerja pada prinsipnya," ujarnya.

BACA JUGA:Tak ada PHK, Honorer: Alhamdulillah

BACA JUGA:Nih Dia Formula Penyelesaian Honorer, Bagaimana Soal PHK?

Disnaker Babel siap melakukan mediasi jika ada hak pekerja yang belum terpenuhi. "Kami siap mediasi, mediator itu tersedia di kabupaten kota, kalau pun memang kalo dia lintas itu bisa di provinsi, kita backup dari provinsi," ucapnya.(*)

BACA JUGA:Disnaker Sudah Ada Terima Pengaduan PHK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: